Pengemudi Konvensional Dan Online Berdamai

257

Perselisihan antara pengemudi angkutan konvensional dan online yang terjadi belakangan ini, akhirnya resmi didamaikan pihak kepolisian resort kota besar bandung. kedua kubu baik konvensional maupun online, sama-sama siap menjaga kondusifitas sambil menunggu revisi permenhub tentang transportasi, yang akan keluar awal november.

Setelah sempat memanas, pengemudi angkutan umum konvensional dan online di kota bandung resmi menyatakan sikap berdamai. perdamaian kedua kubu tersebut digelar di aula mapolrestabes bandung, dan difasilitasi langsung kapolreatabes bandung, kombes pol hendro pandowo. kedua kubu dari pengemudi angkutan konvensional dan online sama- sama menandatangani surat perjanjian komitmen perdamaian.

Surat hitam di atas putih itu ditandatangani langsung ketua umum wadah aliansi aspirasi transportasi selaku perwakilan transportasi konvensional, dan pihak transportasi online ditandatangani ketua posko jabar.

Perdamaian tersebut mewakili banyak kelompok ‎angkutan konvensional terutama angkutan kota yang sudah lama beroperasi. perdamaian pun akan segera disosialisasikan agar kekisruhan maupun intimidasi tidak lagi mewarnai ibu kota jawa barat ini.

Sementara itu, kapolrestabes bandung kombespol hendro pandowo menyambut baik keinginan dua belah pihak yang ingin berdamai. ia berharap, komitmen yang sudah dibuat kedua belah pihak bisa tersampaikan dengan baik, apalagi regulasi yang mengatur tentang penyelenggaraan transportasi online dalam peraturan menteri perhubungan nomor 26 tahun 2017 belum diterbitkan.

Komitmen perdamaian ini diharapkan dapat meredam ketegangan antara pengemudi angkutan konvensional dan online, sambil menunggu kementerian perhubungan  menerbitkan revisi regulasi yang mengatur tentang kendaraan angkutan umum berbasis online.

Yuwana kurniawan, bandung tv.