Penguatan Nasionalisme Pindad Meningkatkan Kapasitas Produksi

266

BISNIS BANDUNG,- Pimpinan Majelis Permusyaratan Rakyat (MPR) Republik Indonesia Zulkifli Hasan kunjungi PT Pindad (Persero) untuk mendorong penguatan nasionalisme dengan memberi perhatian terhadap produksi dalam negeri yang memiliki nilai strategis saat ini dan mendatang. Zulkifli Hasan dan rombongan dari Fraksi Partai diterima oleh Direktur Utama, Abraham Mose serta jajaran manajemen di Gedung Direktorat Pindad Bandung.

“Harapan ke depan, makin besar penggunaan produk dalam negeri dan dukungan pemerintah dalam mengembangkan industri pertahanan , ke depan kita akan betul-betul merealisasikan kemandirian industri pertahanan,” ujar Zulkifli kepada wartawan Bandung, Rabu (25/10/2017)

Dikemukakannya, dukungan dari semua pihak tentu dibutuhkan untuk mewujudkan kemandirian industri dalam negeri, baik lini bisnis Hankam maupun Industrial sejalan dengan amanah Presiden untuk mewujudkan kemandirian industri dalam negeri. Pemerintah melalui Penyertaan Modal Negara, telah menyuntikkan dana kepada PT Pindad (Persero) untuk menambah mesin-mesinnya dan meningkatkan kapasitas produksi.
“Kita harus menunjukan bahwa produk karya putra putri anak bangsa berkualitas baik dan dapat bersaing dengan produk luar, sehingga kita tidak akan tergantung pada negara lain,”ujar Zulkifli

Pada kesempatan tersebut , Abraham Mose memperlihatkan perkembangan Pindad dalam mendukung alutsista TNI serta mewujudkan kemandirian industri pertahanan dalam negeri.
”Kunjungan Ketua MPR beserta wakilnya, Ketua Fraksi Partai, dan anggota MPR merupakan kesempatan yang sangat baik, sehingga para anggota MPR yang kita hormati dapat secara langsung melihat kemampuan serta kondisi Pindad,”kata Abraham

Menurut Abraham, berbicara nasionalisme sudah jelas bahwa Pindad memiliki kompetensi yang baik untuk memproduksi alustsista mendukung TNI. Produk-produk buatan PT Pindad (Persero) di bidang pertahanan dan keamanan (Hankam) yang memiliki nilai strategis karena berkaitan erat dengan tugas TNI untuk menjaga kedaulatan NKRI. Senjata, munisi dan kendaraan khusus buatan PT Pindad (Persero) terus ditingkatkan kualitas dan inovasinya untuk mewujudkan kemandirian industri pertahanan dalam negeri.

Di sisi lain, PT Pindad (Persero) juga terus mengembangkan berbagai produk di lini bisnis industrial untuk mendukung percepatan pembangunan dalam negeri. Produk yang dihasilkan antara lain, mesin industri dan alat berat seperti ekskavator, alat mesin pertani- an, pengait rel kereta api, motor traksi, ge­nerator hingga crane kapal laut.

” Produksi MKK sejauh ini dengan lini mesin yang ada , kapasitasnya masih di kisaran 165-an juta butir per tahun. Dengan suntikan PMN, kapasitas produksi akan ditingkatkan menjadi sekitar 275-an juta butir per- tahun pada 2019. Hal ini ditandai de­ngan peletakan batu pertama perluasan pabrik munisi di Turen, Malang pada 9 Oktober 2017,”pungkas Abraham . (B-003) ***