Penjualan iPhone Turun 50% di China

11

WABAH virus korona (COVID-19) telah memicu penurunan penjualan iPhone di China. Menurut data dari Akademi Teknologi Informasi dan Komunikasi China, angkanya bahkan mencapai 50 persen lebih.

Dilansir dari laman The Street, Rabu (11/3/2020) data tersebut menyebutkan bahwa penurunan penjualan iPhone tersebut lantaran pembatasan perjalanan dan karantina selama wabah. Pengiriman iPhone turun menjadi 494.000 bulan lalu, turun dari 1,27 juta pada kuartal tahun lalu.

Hal tersebut juga menyebabkan saham Apple turun hampir 6 persen pada 9 Februari 2020. Menurut para analis, penurunan penjualan iPhone ini lebih buruk dari yang diperkirakan. Belum lagi rantai pasokan iPhone mengalami gangguan, setelah pabrik di Wuhan ditutup untuk beberapa waktu.

Sebelumnya, dalam sebuh wawancara dengan Fox Business Network, CEO Apple, Tim Cook mengatakan bahwa China telah mampu mengendalikan virus korona. Ia menambahkan bahwa produksi iPhone naik turun dan masih belum diketahui apakah penjualan akan terkendali hingga Maret 2020. (C-003/ahl)***