Perbedaan Fasilitas WhatsApp Mobile dan Web

189

BISNIS BANDUNG – Aplikasi WhatsApp digunakan jutaan pengguna diseluruh dunia tak terkecuali WhatsApp Web. WhatsApp Web adalah fitur yang dibuat oleh aplikasi WhatsApp agar dapat digunakan di komputer atau laptop.

Para profesional dunia kerja banyak menggunakan WhatsApp Web karena sangat mudah digunakan khususnya saat sedang bekerja dan terasa lebih nyaman. Pengguna tak perlu rutin memeriksa atau melihat ponsel sekadar cek pesan yang masuk sehingga dapat kerja dengan lebih fokus.

Meskipun merupakan fitur keluaran WhatsApp namun ada perbedaan fasilitas WhatsApp Mobile dan WhatsApp Web. Berikut perbedaan fasilitasnya:

  1. WhatsApp Web Memiliki Room Messenger Lebih Banyak

Fasilitas video call tersedia pada aplikasi mobile namun memiliki keterbatasan jumlah panggilan. Berbeda dengan WhatsApp Web yang memungkinkan anda membuat panggilan video hingga mencapai puluhan orang, meski harus melalui Facebook, dengan syarat laptop atau komputer anda dan pengguna lain memiliki kamera.

  1. WhatsApp Web Tidak Dapat Mengunduh Stiker

Perbedaan WhatsApp Mobile dengan WhatsApp Web lainnya adalah WhatsApp Web tidak dapat mengunduh paket stiker dan menyimpan stiker.

Mengunduh dan menyimpan stiker hanya dapat dilakukan dengan WhatsApp mobile atau aplikasi. Stiker pada WhatsApp Web hanya dapat digunakan jika terlebih dahulu sudah ada pada WhatsApp aplikasi.

  1. WhatsApp Web Tidak Dapat Membuat Status

Pada WhatsApp Web pengguna hanya terbatas melihat atau memeriksa status orang lain namun tidak dapat membuat atau menulis status. Pada WhatsApp Web juga tidak dapat melihat siapa saja orang yang melihat status kita.

Sementara, pada WhatsApp mobile semua dapat dilakukan, mulai dari menulis, melihat status, memeriksa siapa saja pengguna yang melihat status kita.

  1. Operasional WhatsApp Web Bergantung WhatsApp Mobile
Baca Juga :   Tebing Longsor Tutup Jalur Cianjur Dan Bandung Selatan

WhatsApp Web akan berhenti bekerja saat ponsel pengguna mati atau kehilangan sinyal internet. Keduanya perlu tersinkronisasi, WhatsApp Mobile dan WhatsApp Web. Oleh sebab itu, ponsel harus selalu berada dalam keadaan aktif atau hidup untuk dapat menggunakan WhatsApp Web.

  1. WhatsApp Web Tidak Bisa Telepon dan Video Call

Kita tidak bisa melakukan panggilan telepon maupun video call dengan WhatsApp web. Hal tersebut bisa dilakukan dengan melibatkan aplikasi/web lainnya yaitu Facebook. Saat kita melakukannya dengan fitur rooms, maka otomatis akan dialihkan ke Facebook Messanger.

Demikian perbedaan WhatsApp Mobile dan WhatsApp Web. WhatsApp Web dinilai lebih praktis bagi pekerja kantoran, memudahkan pekerjaan karena dapat memantau, mengirim pesan, data atau dokumen dari komputer tanpa harus menyentuh ponsel.

Meski demikian, WhatsApp Web tidak dapat dibuka dalam dua jendela secara bersamaan. Jika ingin melakukannya pengguna harus menggunakan perambah (browser) yang berbeda.

Untuk mengunduh WhatsApp Desktop, sebelumnya pastikan spesifikasi komputer atau laptop anda adalah windows 8 ke atas atau Mac OS X 10.9 ke atas. (C-003/fjr)***