Permintaan Hewan Qurban Meningkat Harga Stabil

226

Bisnis Bandung – Jelang Hari Raya Idul Adha atau lebih dikenal hari raya Qurban, harga hewan qurban seperti sapi dan kambing selalu melonjak drastis seiring dengan banyaknya permintaan. Namun hal tersebut tak berlaku di pasar hewan Sumedang, pasalnya tahun ini pedagang hewan qurban mengaku harga hewan yang diperdagangkan baik sapi,kambing maupun domba masih stabil.

Berbeda dengan tahun – tahun sebelumnya dimana jelang Hari Raya Qurban, harga hewan Qurban seperti sapi dan kambing meningkat seiring permintaan konsumen, namun tahun ini harga sejumlah hewan qurban masih cukup stabil. Selain itu permintaan akan hewan qurban kali ini cukup meningkat.

Seperti yang terlihat dipasar hewan Tanjungsari Sumedang ini,menjelang hari raya Qurban harusnya menjadi peluang emas bagi pedagang hewan untuk meraup keuntungan sebanyak – banyaknya. Tapi apa mau dikata, harga hewan baik sapi maupun kambing cenderung masih stabil.

“Harga kambing dipasaran saat ini sekitar 2 juta sampai 5 juta per ekornya. Dan masih belum mengalami kenaikan yang signifikan jelang perayaan hari raya Idul Adha tahun ini. Harga yang ditawarkan ini juga berpengaruh pada ukuran hewan dan umurnya,” kata Fauzan, salah satu pedagang kambing dipasar hewan Tanjungsari saat dikonfirmasi, Selasa (14/08/2018).

Diakui Fauzan, permintaan konsumen akan kebutuhan hewan jelang Qurban yang semakin meningkat ini dikarenakan faktor uang. Diketahui, tahun lalu menjelang perayaan hari raya Idul Adha, permintaan hewan Qurban justru lebih banyak ketimbang tahun ini.

Dirinya juga mengatakan bahwa banyak permintaan hewan Qurban justru bukan dari daerah Sumedang saja, dan justru dari luar kota seperti Bandung,Tasik dan Cirebon. Banyaknya permintaan dari luar kota terkait kebutuhan hewan Qurban ini, diakui bapak 1 anak ini, dalam setiap pemasaran dirinya mampu menjual sedikitnya 10 sampai 20 ekor kambing.

“Dalam sehari sedikitnya 10 – 20 ekor kambing habis terjual. Karena banyaknya permintaan konsumen dari luar daerah. Jika menjelang hari raya Qurban ini, setidaknya kambing yang hendak dijadikan hewan Qurban harus memenuhi kriteria seperti sudah berumur di atas 1 tahun dan mengalami pergantian gigi,” ucapnya.

Beda lagi dengan H.Nanang pedagang sapi dipasar hewan Tanjungsari,juga mengaku harga sapi jelang Qurban masih cukup stabil. Jika tahun lalu, harga sapi ukuran normal diharga kisaran Rp 10 juta rupiah. Saat ini seiring permintaan konsumen meningkat jelang idul Qurban, banyak yang menjual sapi – sapi seharga Rp 10 – 15 juta rupiah.

“Harga sapi dipasaran untuk semua jenis sapi masih diharga normal, sekitar Rp 10 – 25 juta rupiah, Tergantung pula pada ukuran sapinya. Jika pun ada kenaikan harga sapi menjelang perayaan hari raya Idul Adha, dipastikan akan naik sekitar Rp 1 – 2 juta rupiah per ekornya,” katanya.(E010)