Pernyataan Mahfud MD Izinkan Jemput HRS Jadi Biang Kerumunan Ridwan Kamil : Yang Diperiksa Kepala Daerah Saja

45

BISNIS BANDUNG – Ridwan Kamil menilai pernyataan Mahfud MD yang mengizinkan penjemputan Rizieq jadi biang kerumunan di sejumlah lokasi . Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil menyampaikan pandangannya soal kerumunan massa Front Pembela Islam (FPI) di sejumlah tempat saat menyambut kedatangan Rizieq Shihab. Ia menyebut, kerumunan tersebut disebabkan oleh pernyataan dari Menteri Koordinator Politik, Hukum dan HAM Mahfud MD.

“Menurut saya semua kekisruhan yang berlarut-larut ini dimulai sejak adanya statment dari pak Mahfud di mana penjemputan HRS (Rizieq Shihab) ini diizinkan,” ujar Ridwan Kamil, usai diperiksa Direktorat Reserse Kriminal Umum (Ditreskrimum) Polda Jawa Barat, Rabu (16/12/2020). Emil menilai pernyataan Mahfud menjadi tafsir masyarakat khususnya anggota maupun simpatisan FPI bergerak menuju tempat penjemputan Rizieq, di Bandara Soekarno-Hatta, di Megamendung dan di Petamburan.

“Sehingga adanya tafsir ini seolah-olah ada diskresi dari Pak Mahfud kepada PSBB di Jakarta, PSBB di Jabar dan lain sebagainya,”ungkap Ridwan Kamil.  Ia menyesalkan pihak-pihak yang diperiksa oleh kepolisian hanya kepala daerahnya saja, dalam hal ini ia sebagai Gubernur Jawa Barat. Menurutnya pihak lainnya juga memiliki peran dalam kasus kerumunan yang diduga melanggar protokol kesehatan ini.

Baca Juga :   Pemprov Jabar dan BI Membuka Bazar Kekhawatiran Terjadi Kenaikan Inflasi