Pesona Museum Kota Makassar Hari Senin Dan Sabtu Museum Tutup

54
Pesona Museum Kota Makassar Hari Senin Dan Sabtu Museum Tutup

Museum ini berada di Provinsi Sulawesi Selatan yang didirikan atas ide masa kepemimpinan Walikota Makassar Drs. HB. Amiruddin Maula, S.H., M.Si .  Meseum yang berlokasi di Jl. Balai kota No. 11 A. 90111 Kelurahan Baru, Kecamatan Ujung Pandang, Kabupaten Makassar.  Meseum ini menempati bekas Gedung Balai Kota di tengah Kota Makassar, gedung  bersejarah yang dibangun jaman kolonial Belanda pada tahun 1916 yang sempat dijadikan Kantor Walikota Makassar.

Museum  diresmikan 7 Juni 2000 diperuntukan untuk melayani kebutuhan masyarakat yang membutuhkan informasi mengenai  sejarah dan budaya Makassar .

Bangunan Museum Kota Makassar dibangun dalam dua lantai. Lantai pertama berisi berbagai lukisan klasik peninggalan Belanda. Terdapat pula peta benteng Makassar. Peta ini menjelaskan letak benteng peninggalan kerajaan yang pernah ada di Makassar.Secara umum, lantai pertama Museum Kota Makassar menyimpan berbagai koleksi, seperti foto-foto dokumentasi perkembangan Kota Makassar, benda-benda arkeologi dan berbagai mata uang yang pernah berlaku di Makassar dari zaman penjajahan hingga saat ini.
Menaiki tangga yang terbuat dari kayu, kita akan tiba di lantai dua museum. Sama seperti di lantai satu, koleksi di lantai dua juga didominasi foto-foto dokumentasi. Koleksi lain yang ada di lantai ini adalah sebuah meja yang pernah digunakan oleh Walikota Ujung Pandang. Selain itu, juga terdapat berbagai lambang kabupaten yang ada di Sulawesi Selatan.

Koleksi koleksi di Museum Makasaar :

  • Benda-benda arkeologi: Berbagai motif batu yang ditemukan di Benteng Somba Opu  Makassar seperti motif lingkaran, tumpal, garis, geometris, pilin berganda dan garis mender lengkung.
  • Bola-bola meriam: Beberapa bola meriam yang pernah dilontarkan Belanda saat membombardir Benteng Somba Opu dalam perang Makassar masih tersimpan.
  • Keramik: Keramik Cinda dan Jepang masa Dinasti Ming abad ke 14-17 yang dibawa para pelaut Makassar dari negeri asalnya.
  • Koleksi Foto: Foto tentang bangunan bersejarah kota Makassar, baik yang masih bertahan sampai sekarang maupun yang sudah musnah. Foto tentang pelayaran orang Makassar ke Australia mencari teripang antara tahun 1881 sampai 1907. Foto bangunan ibadah bersejarah seperti Mesjid Melayu, Gereja Katedral, Mesjid Katangka. Koleksi foto dari mendiang Wali Kota Makassar, Daeng Patompo. Foto-foto mantan Wali Kota Makassar.
  • Koleksi mata uang: Mata uang dari masa VOC (Verenidge Oost-indische Compagnie), mata uang Kerajaan Gowa, mata uang bergambar Ratu Wilhelmina lengkap dengan patungnya.
  • Koleksi dokumen: Peta udara Makassar, perjanjian Bungaya antara VOC dan Sultan Hasanuddin, Peta Benteng Somba Opu.
  • Koleksi Maula Art Galeri: Pada lantai II museum kota Makassar terdapat Maula Art Galery galery yang menyimpan berbagai pernak pernik tradisional yang umumnya merupakan hasil kerajinan rakyat. (makasarguide.com)

Untuk memasuki museum ini anda tidak akan dikenakan biaya apapun, Anda hanya harus mengisi buku tamu yang disediakan dibagian penerimaan tamu.Museum ini buka dari pagi hari kerja , Selasa hingga Jum’at mulai pukul 08.00 WIB,  hari Minggu waktu buka jam 08.00. Sedangkan  pada hari Senin dan Sabtu Museum  tutup. (E-001) ***