Petugas Gabungan Selidiki Longsor Di Hegarmanah

29

Terkait longsor yang terjadi di Kampung Hegarmanah Padalarang, Kabupaten Bandung Barat, yang merusak 10 rumah warga, petugas gabungan dari BPBD, Kepolisian, Jasa Marga dan Geologi, melakukan penyelidikan terhadap mahkota longsoran berupa danau genangan,yang berada tepat di pinggir tol purbaleunyi kilometer 118. Saat ini, tercatat ada 150 warga mengungsi akibat longsor tersebut.

Seperti inilah longsoran tanah, yang menerjang Kampung Hergarmanah Padalarang, Bandung Barat. Nampak, longsoran berada dipinggir tol purbaleunyi kilometer 118. Longsor tersebut, telah merusak sedikitnya 10 rumah warga dan menimbun tiga hektar areal sawah dan kolam milik warga.

Pasca terjadinya longsor, Petugas dari unsur BPBD, Jasa Marga, Kepolisian dan Geologi berupaya menyelidiki penyebab pasti bencana longsor tersebut.dugaan sementara, penyebab longsoran tanah akibat adanya penyumbatan saluran air dibawah ruas tol purbaleunyi. Kondisi tersebut, membuat tanah labil sehingga terjadi longsor dan menerjang rumah warga.

Keberadaan mirip danau yang berada di pinggir jalan tol purbaleunyi, turut menjadi penyebab longsor di  kampung hegar manah.

Saat ini, ratusan warga di Kampung Hegarmanah Padalarang, Kabupaten Bandung Barat, terpaksa harus mengungsi.dibantu Petugas Kepolisian, warga bahu membahu mengevakuasi barangbarang berharga  milik warga, ke tempat yang lebih aman.

Saat ini petugas dari jasa marga,telah mengerahkan alat untuk melakukan penyedotan di lokasi genangan air yang tersumbat.

 

Algi Ghifari,Bandung TV.