Pilkades Ajang Demokrasi Paling Nyata dan Merakyat

3
Pillkades Ajang Demokrasi Paling Nyata dan Merakyat

BISNIS BANDUNG— Anggota Fraksi Partai Gerindra DPRD Jawa Barat, Ihsanudin mengungkapkan apapun hasil pemilihan kepala desa (pilkades) serentak di Kabupaten Karawang  harus diterima, sebab proses ini telah ditentukan dalam memilih pemimpin demi keberlanjutan pembangunan.

Ihsanudin menjelaskan pilkades merupakan salah satu bentuk pesta demokrasi yang paling merakyat. Pemilu tingkat desa ini adalah ajang kompetisi politik paling riil dan bersentuhan langsung dengan rakyat.

Pada momen ini, masyarakat yang akan menentukan siapa pemimpin desanya selama enam tahun ke depan. Pesta demokrasi politik desa ini lebih berkualitas hasilnya ketimbang pesta demokrasi dan politik yang terjadi di tingkat kabupaten, provinsi maupun nasional.

“Pilkades adalah arena demokrasi yang paling nyata di desa, di sini terjadi kompetisi yang bebas, kompetitif, lebih partisipatif, pemilihan secara langsung dengan prinsip one man one vote (satu orang satu suara). Partisipasi masyarakat merupakan keharusan dalam mewujudkan pemerintahan yang demokratis dan bertanggung jawab,” katanya  Senin (22/3).

Diketahui, sebanyak 177 desa di Kabupaten Karawang menggelar pemilihan kepala desa (Pilkades) secara serentak, Minggu (21/3).

Tingginya partisipasi pemilih pilkades,  menurut  Ihsanudin, merupakan salah satu syarat untuk mewujudkan pemerintahan yang demokratis, meskipun bentuk-bentuk partisipasi masyarakat ini dapat diekspresikan dalam berbagai macam.

Anggota dewan dari Dapil  Karawang dan Purwakarta ini menjelaskan,Pilkades  merupakan sarana sirkulasi elit dan transfer kekuasaan di tingkat desa.

“Dalam konteks ini Pilkades diharapkan secara langsung membuat masyarakat mengerti akan hak dan kewajibannya. Pilkades adalah suatu momen dimana masyarakat mengerti posisi mereka sebagai warga dalam percaturan politik di desa. Di mana terjadi proses interaksi antara rakyat dan pemerintah sebagai wujud adanya demokrasi dari rakyat, oleh rakyat dan untuk rakyat,” katanya.

Dia meminta kepada kepala desa terpilih agar tidak eforia berlebihan dalam merayakan kemenangan agar hasil pemilihan ini bermanfaat.(B-002)***