Polda Jabar Musnahkan Jutaan Butir Petasan

187

Kapolda jabar memimpin pemusnahan jutaan butir petasan, dan empat ton bahan peledak berbahaya, di mako Brimob Polda Jabar, di desa Cikeruh, kecamatan Jatinangor, kabupaten Sumedang. Kapolda menyaksikan cara pemusnahan petasan dan dahsyatnya ledakan, jika bahan-bahan pembuat petasan tersebut tercampur.

Empat juta butir petasan dimusnahkan di mako Brimob Polda Jawa Barat, Cikeruh, Jatinangor Sumedang. Jutaan butir petasan tersebut merupakan hasil sitaan dari pabrik petasan di Indramayu.

Selain petasan, Polda Jabar juga mengamankan 4 koma 5 ton sulfur, lima ratus kilogram pottasium, dan dua ratus lima puluh kilogram alumunium powder.

Barang bukti petasan dimusnahkan dengan cara dibuka dalam kemasannya, dan direndam di dalam tong-tong berisi air.

Bahaya bahan-bahan pembuat petasan jika tercampur diperlihatkan Kapolda Jabar melalui ledakan yang dihasilkan dari campuran bahan peledak sulfur, pottasium, dan alumunium powder, yang hanya seberat lima kilogram.

Kapolda juga memerintahkan jajarannya untuk selalu waspada dan mengawasi, jika di wilayahnya terdapat pembuatan petasan atau peredaran bahan peledak berbahaya. Kapolda pun mengimbau, agar masyarakat tidak bermain petasan dengan skala besar, karena dapat membahayakan pribadi dan orang lain.

Diki Darusman, BandungTV.