POLDA JABAR Ungkap Pembuat Kosmetik Palsu

9

Direktorat Reserse Narkoba POLDA Jawa Barat, Amankan Seorang Wanita Pelaku Peracik Kosmetik Ilegal Di Kawasan Rancasari, Kota Bandung. Dari Tangan Pelaku, Petugas Berhasil Menyita Ribuan Kosmetik Palsu Siap Edar, Dengan Sejumlah Bahan Dasarnya. Dihadapan Petugas, Pelaku Mengaku Belajar Membuat Kosmetik Dari Youtube.

Petugas Direktorat Reserse Narkoba Polda Jawa Barat Gerebek Rumah Milik Erna Christina Di Kawasan Rancasari, Kota Bandung, Yang Diduga Digunakan Untuk Meracik Kosmetik Ilegal Oleh Pelaku Dan Sejumlah Pegawainya.

Selain Mengamankan Pelaku,Petugas Pun Berhasil Menyita Ribuan Kosmetik Palsu Siap Edar, Dengan Sejumlah Bahan Dasarnya Sebagai Barang Bukti.

Produk Kosmetik Tersebut, Tidak Memenuhi Standar Keamanan Dan Tidak Memiliki Izin Sehingga Sangat Membahayakan Bagi Kesehatan. Tersangka Telah Menjalankan Usahanya SejakĀ  Juli 2019 Yang Dijual Secara Online. Dalam Sebulan, Tersangka Bisa Meraup Keuntungan Hingga 35 Juta Rupiah.

Mirisnya Dalam Meracik Kosmetik, Tersangka Menggunakan Bahan Dasar Seperti Minyak Goreng,Mentega Hingga Kondisioner,Setelah Diolah Menggunakan Cairan Kimia,Produk Produk Tersebut Ditempelin Label Yang Telah Dicetak Sebelumnya.

Dihadapan Petugas,Tersangka Mengaku Belajar Meracik Kosmetik Dari Youtube.Dan Mengaku Hingga Saat Ini Tidak Ada Yang Komplain Terhadap Produknya Tersebut.

Atas Perbuatannya,Tersangka Dijerat Pasal 196 Dan 197 UndangUndang Nomor 36 Tahun 2009 Tentang Kesehatan. Dengan Ancaman Hukuman 15 Tahun Penjara.

Yuwana Kurniawan, Bandung Tv.