Polda Tegaskan Belum Ditemukan Pennimbunan Bawang Putih Di Jabar

10

KASUBDIT satu indag DITRESKRIMSUS Polda Jabar, AKBP Hari Sandy Sinurat menyatakan, hingga saat ini tidak ditemukan penimbunan bawang putih di Jawa Barat. Dugaan penimbunan di Karawang beberapa waktu lalu, ternyata masih dalam waktu yang ditentukan sesuai peraturan Presiden. Dirinya pun menegaskan, jika ditemukan oknum yang menimbun bawang putih, akan ditindak tegas sesuai peraturan yang berlaku. 

Ditemui saat operasi pasar bawang putih di pasar Kosambi Bandung, KASUBDIT satu indag DITRESKRIMSUS Polda Jabar, AKBP Hari Sandy Sinurat menyatakan, pihaknya masih terus melakukan pemantauan dan penyidikan, terkait penimbunan bawang putih. Menurutnya, hingga saat ini, tidak ditemukan penimbunan bawang putih di Jabar. Sedangkan dugaan penimbunan bawang putih di Karawang beberapa waktu lalu, ternyata masih dalam waktu yang ditentukan sesuai Perpres Nomor 14 Tahun 2015. Pihaknya pun meminta importir membantu, agar jangan sampai ada kelangkaan bawang putih di Jabar. Sandy pun menegaskan, jika ada oknum yang menimbun bawang putih, akan ditindak tegas sesuai peraturan yang berlaku.

Berdasarkan penyidikan Tim Satgas pangan, bawang putih yang ada di gudang importir di Karawang tersebut ternyata dibeli sejak pertengahan 2019, dengan jumlah pembelian 15 ribu ton. Saat ini, masih ada 150 ribu ton bawang putih, yang akan didistribusikan ke pasaran hingga pertengahan maret.

Budi Hartati, Bandung Tv.