Polisi Dibantu TNI Dan Warga Buka Saluran Sungai Longsor Cilangari

21

Anggota Polisi dibantu TNI serta warga melakukan kerja bakti membuka saluran sungai yang telah empat hari tertimbun longsor di kampung hegarmanah, desa cilangari, kecamatan gununghalu, Kabupaten Bandung Barat. Saluran sungai dibuka lantaran aliran air telah merendam empat hektar sawah milik warga dan menutup akses jalan antara kampung lembur awi dan kampung hegarmanah.

Rabu siang, ratusan personil polisi dibantu TNI beserta warga dikerahkan untuk membuka saluran sungai yang tertimbun longsor di kampung hegarmanah, desa cilangari, kecamatan gununghalu, Kabupaten Bandung Barat. Pembersihan dan pembukaan saluran sungai dilakukan dengan menggunakan mesin penyedot dan cangkul. Ditargetkan, perbaikan aliran sungai dilakukan secepatnya, maksimal tiga hari agar aktivitas warga bisa kembali pulih seperti biasa. Kapolres Cimahi, AKBP M Yoris Maulana Yusuf Marzuki mengatakan, pembukaan saluran sungai di lokasi longsor merupakan salah satu keinginan yang disampaikan warga saat jajarannya meninjau lokasi. Dirinya  menargetkan aliran sungai bisa kembali normal seperti sebelumnya, sehingga air tidak menggenangi lahan pertanian warga.

Polres Cimahi bersama TIM gabungan telah menyerahkan bantuan berupa sembako kepada warga terdampak, serta mendirikan tenda penanggulungan bencana sebagai upaya antisipasi terjadi longsor susulan.

Algi Muhamad Gifari, Bandung Tv.