Polres Cianjur Amankan 4 Pelaku Perdagangan Manusia

8

Kepolisian Resort Cianjur, berhasil menggagalkan kasus tindak pidana perdagangan orang atau TPPO, di kawasan Kota Bunga, Puncak Cianjur. para Pelaku Human Trafficking tersebut, menjajakan para korban kepada para wisatawan asing terutama asal Timur Tengah.

Satreskrim Polres Cianjur, berhasil mengungkap jaringan perdagangan manusia atau Human Trafficking, yang beroperasi di kawasan Kota Bunga, Puncak Cianjur. Dari hasil pengungkapan, kepolisian berhasil menangkap empat pelaku, yang berperan sebagai mucikari. Selain itu, polisi juga berhasil mengamankan dua belas orang korban, satu di antaranya laki-laki.

Modus jaringan ini yakni mengiming-imingi para korbannya mudah mendapatkan uang, dengan cara menemani para wisatawan asing, asal Timur Tengah, yang tengah berkunjung atau liburan di Kawasan Puncak. Untuk setiap transaksi, pelaku memasang bandrol mulai dari satu juta, sampai satu setengah juta rupiah permalamnya.

Untuk menghindari petugas, para pelaku menawarkan kepada para pelanggannya, dengan berkeliling menggunakan mobil, pada pukul satu dini hari, sampai menjelang subuh.

Selain pelaku dan korban, polisi juga mengamankan sejumlah barang bukti, di antaranya uang tunai jutaan rupiah, belasan telepon selular, tiga unit kendaraaan roda empat, serta barang bukti lainnya.

Untuk mempertanggungjawabkan perbuatannya, para pelaku dijerat dengan pasal 2 undang-undang Republik Indonesia, nomor 21 Tahun 2007, tentang pemberantasan tindak pidana perdagangan orang, dengan ancaman pidana penjara, paling lama 15 tahun dan denda maksimal 600 juta rupiah.