Potensi Pohon Kina Jadi Obat Anti Virus Corona

2

Puluhan tahun lalu indonesia sempat merajai ekspor komuditas tanaman kina, namun, produksi kina di indonesia terus mengalami penurunan termasuk di kabupaten bandung. Sejak mulai ditanam hingga dapat dipanen, tanaman kina memerlukan waktu yang cukup lama yakni tujuh hingga delapan tahun. Saat ini kina berpotensi menjadi obat virus corona.

Kina merupakan tanaman obat yang telah dikenal cukup lama, tanaman kina diambil kulitnya karena banyak mengandung alkeloid sehingga bermanfaat untuk obat. Kandungan alkeloid bermanfaat untuk penyakit malaria. Saat ini pemanfaatan kina semakin berkembang , antara lain sbagai obat kejang otot, pembuatan tamiflu obat flu burung, sebagai katalis yang efektif serta untuk industri minuman ringan, bio pestisida , dan kosmetik. Selain itu tanaman kina saat ini berpotensi menjadi obat virus corona yang tengah merebak di sejumlah Negara. Potensi tersebut setelah adanya temuan chloroquine phosphate, sebagai penangkal virus corona. Chloroquine phosphate merupakan obat sintetis untuk mengobati malaria, sementara obat alami untuk malaria terkandung dalam pohon kina.
Klorokuin merupakan bentuk sintetis dari quinine, yang terkandung secara alami dalam kulit pohon kina.

Puluhan tahun lalu indonesia sempat merajai ekspor komuditas tanaman kina, namun, produksi kina di indonesia terus mengalami penurunan termasuk di kabupaten bandung. Masalah pola pikir yang instan menjadikan pertanian kina, di indonesia terus merosot. Sejak mulai ditanam hingga dapat dipanen, tanaman kina tersebut memerlukan waktu yang cukup lama yakni tujuh hingga delapan tahun.

Rezytia Prasaja , Bandung Tv .