Program Menabung Sampah Dikonversi Menjadi Emas

3
Program Menabung Sampah Dikonversi Menjadi Emas

BISNIS BANDUNG– Sampah di Kota Bandung bisa menjadi logam mulia  berupa emas. Sampah itu  dikonversi  jika setara dengan nilai Rp40 ribu hingga Rp50 ribu menjadi emas seberat 0,025 gram sesuai syarat dan ketentuan.

Oleh sebab itulah, Perusahaan Daerah (PD) Kebersihan Kota Bandung menggagas inovasi program menabung sampah yang bisa dikonversi menjadi emas oleh masyarakat.

Dirut PD Kebersihan Kota Bandung, Gun Gun Saptari mengungkapkan  lewat program tersebut masyarakat cukup mengumpulkan sampah anorganik seperti sampah kertas, kaleng, kardus, gelas, botol plastik maupun botol kaca.

“Dasarnya memberikan reward yang menstimulus masyarakat untuk bisa konsisten,” kata Gun Gun kepada wartawan baru-baru ini.

Untuk itu, Gun Gun berharap masyarakat bisa lebih konsisten untuk memilah sampah sebagai langkah menjaga lingkungan. Lebih dari itu, ia juga berharap kebersihan Kota Bandung bisa meningkat.

“Emas mini itu sekitar Rp40 ribuan pun dapat. Jadi warga tinggal menabung sampah sekitar satu hingga dua bulan,” katanya.

Wali Kota Bandung Oded M Danial mengatakan program itu diharapkan bisa meningkatkan semangat masyarakat dalam mengelola sampah. Dia
mengapresiasi dan mendorong PD Kebersihan agar melakukan sosialisasi kepada masyarakat dan komponen lainnya.

“Bersinergi dengan komponen yang ada. Kalau bisa ajak dan kumpulkan semua komponen ini. Harus terjadi dengan proses natural,” katanya.(B-002)***