Puluhan Rumah Rusak Diterjang Angin Puting Beliung

272

Pasca diterjang anging puting beliung, puluhan rumah rusak di dua kecamatan, di kabupaten Bandung. Bahkan, tiga rumah warga rusak berat. Meski begitu, tidak ada korban jiwa dalam musibah tersebut. Sementara itu, pihak badan penanganan bencana daerah kabupaten Bandung, terus membersihkan lokasi terparah yang terimbas angin puting beliung.

Inilah video amatir berdurasi satu menit yang diambil warga, dan menampilkan detik-detik angin puting beliung menerjang rumah warga di kecamatan Banjaran dan Cimaung kabupaten Bandung. Kencangnya angin tak hanya merusak atap rumah, namun juga menumbangkan pohon-pohon.

Sedikitnya delapan puluh tiga unit rumah rusak ringan dan berat. Warga di desa Cipinang, kecamatan cimaung pun memperbaiki rumah mereka yang rusak. Di desa Cipinang, terdapat tiga rumah yang rusak berat.

Bahkan, salah satu rumah di rt nol satu, rw nol lima kampung batureok, desa Cipinang, kecamatan Cimaung, rusak parah karena tertimpa pohon berukuran besar. Rumah milik resi satriana rusak di bagian kamar hingga dapur. Menurut resi, hujan yang disertai angin kencang dan merusak rumahnya tersebut, berlangsung selama empat puluh lima menit.

Sementara itu, menurut kasi kedaruratan BPBD kabupaten Bandung, Toni Suryana, dalam peristiwa angin puting beliung ini, pihaknya mencatat ada delapan puluh tiga rumah warga yang rusak. Tiga rumah diantaranya rusak berat, sedangkan rumah lainnya hanya rusak di bagian atap.

Hingga kini, petugas gabungan dari BPBD, polisi, dan TNI, masih berjaga di lokasi, guna membantu membersihkan puing-puing sisa kerusakan rumah yang diterjang angin puting beliung. Sementara itu, untuk bantuan korban musibah angin puting beliung ini, pihak BPBD masih mendata secara detail, dan segera bekoordinasi dengan dinas sosial kabupaten Bandung.

Rezytia Prasaja, BandungTV.