Puluhan Warga Indramayu Tolak Pembangunan PLTU

359

Puluhan warga korban dampak proyek PLTU Indramayu, berunjuk rasa di depan gedung Sate Bandung, rabu siang. Selain karena berdampak terhadap hasil pertanian dan lingkungan, warga yang tergabung dalam jaringan tanpa asap Indramayu menolak proyek PLTU tersebut dengan alasan masyarakat tidak dilibatkan.

Sambil membawa berbagai macam hasil pertanian, puluhan warga korban dampak proyek PLTU Indramayu, berunjuk rasa di depan gedung Sate Bandung, Rabu siang. Aksi ini sebagai simbol rusaknya hasil pertanian warga, akibat proyek PLTU di desa Mekarsari, Patrol, dan Tegal Temen kabupaten Indramayu.

Selain berdampak terhadap hasil pertanian dan lingkungan, warga yang tergabung dalam jaringan tanpa asap Indramayu menolak proyek PLTU tersebut, dengan alasan tidak dilibatkan dan tidak ada pemberitahuan sebelumnya.

Warga mengaku, sejak ada proyek pltu ini, para petani merasa kesulitan. Selain hama yang menyebabkan gagal panen semakin bertambah, juga berdampak terhadap pencemaran udara dan laut, sehingga mengakibatkan tangkapan ikan para nelayan berkurang. Warga mendesak pemerintah segera menutup proyek PLTU tersebut, karena sangat merugikan masyarakat Indramayu.

Sebagai bentuk protes terhadap proyek pltu, warga korban dampak proyek PLTU Indramayu, telah mengajukan gugatan ke PTUN Bandung, terhadap sk bupati Indramayu tentang izin lingkungan kegiatan pembangunan pembangkit listrik tenaga uap. Kini, perkara tersebut telah memasuki persidangan tahap ketujuh, dengan pemeriksaan kesaksian dari warga.

Yuwana Kurniawan, BandungTV.