Ratusan Fintek Belum Diawasi OJK

229

Saat ini, revolusi digital ekonomi tidak terbendung. berbagai perusahaan e-commerce hingga finansial teknologi atau fintek bermunculan di Indonesia, Jawa Barat khususnya. Namun, hingga saat ini, dari ratusan fintek tersebut, hanya dua puluh dua yang terdaftar di otoritas jasa keuangan.

Menurut kepala kantor regional dua Jabar Otoritas Jasa Keuangan, sarwono, berkembangnya teknologi membuat revolusi digital ekonomi pun tidak terbendung. Oleh karena itu, pemerintah harus melakukan upaya adaptif. Salah satunya terhadap banyaknya perusahaan finansial teknologi atau fintek yang mengambil sebagian bisnis perbankan yang offline. OJK pun mengeluarkan aturan tata cara masyarakat menginvestasikan dan mengambil dana ke fintek. OJK mengawalnya agar tidak terjadi pelanggaran hukum yang dilakukan. Namun, dari setidaknya dua ratus fintek yang tergabung dalam asosiasi, baru 22 yang terdaftar di Indonesia, salah satunya bergerak di Jawa Barat.

Masyarakat pun harus lebih waspada dan berhati-hati dalam menginvestasikan atau meminjam dana ke perusahaan fintek. Perusahaan tersebut tentu saja harus memiliki ijin dari Kementerian Komunikasi dan Informatika, dan lebih terjamin keamanannya jika terdaftar di OJK.

budi hartati, bandung tv.