Ratusan Kendaraan Dinas Diuji Emisi

243

Dinas Perhubungan kabupaten Bandung Barat menguji emisi lebih dari tiga ratus lima puluh unit kendaraan Dinas dan Umum di lingkungan Pemkab Bandung Barat, Rabu pagi. Uji emisi tersebut, guna mewujudkan program langit biru dari kementerian lingkungan hidup.

Tiga ratus lima puluh unit lebih kendaraan dinas dan umum di lingkungan Pemkab Bandung Barat, diuji emisi. Uji emisi di lingkungan pemkab bandung barat tersebut, dihadiri bupati Bandung Barat, Abu Bakar.

Uji emisi digelar guna mewujudkan program langit biru dari kementerian lingkungan hidup. dalam uji emisi tersebut, setiap kendaraan diperiksa petugas terkait batas maksimum kandungan hidrokarbon, nitrogen oksida, dan karbon monoksida. Bagi kendaraan yang dinyatakan telah lolos uji emisi, petugas akan menempel stiker sebagai bukti kendaraan tersebut ramah lingkungan.

Kadishub Bandung Barat, Ade Komarudin mengatakan, uji emisi ini merupakan bagian penerapan peraturan menteri Lingkungan Hidup nomor sepuluh tahun 2012, seperti diubah dengan permen lh no 23 tahun 2012.

Bupati Bandung Barat meminta, uji emisi dilakukan secara berkala, dengan melibatkan banyak pihak termasuk para pengusaha angkutan. hal itu untuk mengurangi pencemaran gas buang sehingga tercipta lingkungan dengan udara bersih.

Bupati Bandung Barat pun berharap, kegiatan uji emisi seperti ini dilakukan juga di daerah lain, sebab menjaga lingkungan merupakan tanggung jawab bersama baik personal maupun kelompok.

algi muhammad gifari, bandung tv.