Ribuan Buruh Dan Mahasiswa Blokade Jalan Utama Di Cimahi

4

Memblokade jalan penghubung Cimahi Bandung, kamis sore . Mereka memblokade jalan sebagai bentuk  penolakan ruu omnimbus law.

Menggunakan mobil komando, ribuan buruh dan mahasiswa memblokade jalan penghubung Kota Cimahi  Bandung di jalan amir mahmud kota cimahi. Mereka berorasi menolak RUU Omnimbus Law yang dianggap merugikan buruh. Usai blokade, selanjutnya buruh dan mahasiswa pun menyampaikan aspirasi di gedung DPRD Cimahi . Agar lalu lintas lancar Polisi terpaksa melakukan pengalihan jalur. Mereka yang menolak menilai, ruu tersebut tidak memberikan kepastian kerja bagi para buruh. Buruh yang melakukan protes atas hadirnya ruu cipta kerja, dikhawatirkan akan membuat hak para buruh semakin kecil seperti, tunjangan phk yang dipotong, cutk dan jam kerja.  Selain itu, Omnibus Law tersebut dapat mempermudah regulasi tenagakerja asing dan kewenangan  pengusaha asing ditahan dan air. Para buruh dan mahasiswa yang melakukan aksi di depan kantor dprd cimahi pun akhirnya diterima salah seorang anggota komisi 3 DPRD Cimahi. Usai melakukan audiensi buruh dan mahasiswa meminta agar anggota dewan tersebut naik ke mobil komando untuk menyampaikan hasil audiensi, dan dengan lantang mendukung penolakan RUU Omnibus Law.

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo meminta masyarakat memberikan masukam terkait omnibus law ruu cipta lapangan kerja atau yang disingkat cilaka yang banyak ditolak kalangan pekerja dan buruh. Rencananya para buruh dan mahasiswa di cimahi tersebut, pun akan kembali melakukan aksi secara masif dan besar besaran jika tuntutan mereka tidak didengar pemerintah.

 

Algi Muhammad Ghifari, Bandung Tv.