Ridwan Kamil Targetkan, Obligasi Daerah Jabar Terbit Tahun Ini

7

Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil menargetkan, Obligasi Daerah Atau Municipal Bond Jabar diterbitkan tahun 2020. Proyek-proyek yang diproyeksikan untuk ditawarkan dalam Obligasi Daerah Jabar, yaitu long rapid transportation atau LRT di bidang transportasi, dan Rumah Sakit di bidang kesehatan.

Setelah bertahun-tahun tidak juga diterbitkan, Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil menyatakan, tahun 2020 ini Obligasi Daerah akan diterbitkan. Menurut Ridwan Kamil, saat ini penerbitan Obligasi Daerah tinggal tahap finalisasi, salah satunya dukungan dari parlemen. Dirinya pun memproyeksikan, proyek-proyek yang akan ditawarkan dalam Obligasi Daerah Jabar, yaitu long rapid transportation atau LRT di bidang transportasi, dan Rumah Sakit di bidang kesehatan. Menurut Ridwan Kamil, nilai obligasi daerah yang akan diterbitkan tahun ini mencapai ratusan milyar rupiah.

Sementara itu, anggota Dewan Komisioner OJK, Ahmad Hidayat menyatakan, Obligasi Daerah merupakan instrumen alternatif pembiayaan yang sangat bagus untuk menunjang pertumbuhan ekonomi daerah. Dirinya pun berharap, Jawa Barat menjadi Provinsi pertama yang menerbitkan Obligasi Daerah.

Saat ini, selain Jawa Barat, beberapa Provinsi di Indonesia lainnya sudah berencana menerbitkan Obligasi Daerah, diantaranya Jawa Tengah, Dki Jakarta, Jawa Timur, Kalimantan Selatan, Riau, Bali, Sumatera Barat, dan Banten.

 

Budi Hartati, Bandung TV.