Risiko Paksa Ponsel Lawas Akses WhatsApp 2021?

159

BISNIS BANDUNG – WhatsApp akan membatasi sejumlah ponsel keluaran lama untuk menggunakan aplikasinya mulai 2021. Aplikasi panggilan video dan suara itu nantinya hanya akan bisa diakses oleh sistem operasi keluaran terbaru yang telah ditentukan.

WhatsApp dikabarkan hanya mengizinkan ponsel dengan sistem operasi Android 4.0.3 atau yang lebih baru, serta iPhone yang menjalankan minimal iOS 9.

Pakar gawai Herry SW mengaku belum mengetahui secara pasti solusi bagi ponsel dengan sistem operasi lawas agar tetap bisa mengakses WhatsApp, sebab kebijakan itu belum resmi berjalan.

“Belum diketahui pasti. Aturan itu belum mulai berjalan,” ujar Herry, Selasa (22/12).

Meski demikian, Herry menyampaikan bahwa ada potensi ponsel dengan sistem lawas bisa tetap mengakses WhatsApp. Misalnya, dia mengatakan pemilik iPhone dengan sistem operasi jadul bisa melakukan jailbreak agar tetap bisa mengakses WhatsApp, namun tentunya ada risiko yang harus diambil.

“Seharusnya iya (bisa) karena berarti membuka celah keamanan,” ujarnya.

Herry tidak menjelaskan secara detail bagaimana risiko yang akan dialami pemilik ponsel yang melakukan jailbreak demi bisa mengakses WhatsApp.

Sebelumnya, iPhone 4 dan model sebelumnya dilaporkan tidak akan bisa lagi memakai layanan WhatsApp di 2021. Sebab, ponsel model itu menggunakan iOS 8 dan tidak bisa menjalankan iOS 9 atau yang lebih baru.

Sementara untuk iPhone 4S, iPhone 5, iPhone 5C, iPhone 6, dan iPhone 6S masih bisa menggunakan WhatsApp dengan cara memperbarui iOSnya menjadi iOS 9. Adapun iPhone 6S, iPhone 6S Plus, dan iPhone SE dengan dukungan iOS 14 tanpa masalah mengakses WhatsApp.

Sedangkan jajaran ponsel Android yang tidak bisa menggunakan WhatsApp karena menggunakan Android 4.0.3 atau di bawahnya, yakni HTC Desire, LG Optimus Black, Motorola Droid Razr, hingga Samsung Galaxy S2. (C-003/mik)***

Baca Juga :   ZONASI & PEMERATAAN MUTU DIDIK