Saatnya Ubah Gaya Hidup Lebih Sehat

53

PEMERINTAH mencanangkan penerapan adaptasi kebiasaan baru (AKB) jilid dua. Sejak itu pula, sejumlah sektor yang sebelumnya ditutup karena pandemi COVID-19 kembali dibuka.

Kepala Dinas Kesehatan Lampung Reihana mengatakan, pada era adaptasi kebiasaan baru itu masyarakat perlu mengubah gaya hidup pada masa pandemi Covid-19.

“Masyarakat perlu mengubah gaya hidup dari tidak sehat menjadi sehat. Perlu berolahraga teratur selama pandemi ini untuk meningkatkan imunitas,” kata Reihana.

Reihana mengatakan, pandemi Covid-19 telah menurunkan daya beli pada masyarakat dan menurunnya konsumsi masyarakat. Selain itu, meningkatnya pembelian makanan siap saji sehingga konsumsi sayuran kurang.

Masyarakat juga cenderung memilih makanan yang disukai dan bukan makanan sehat. Metode pembelajaran daring maupun bekerja dari rumah, juga menyebabkan banyak keluarga menyediakan makanan ringan, makanan kemasan yang berpotensi meningkatkan berat badan.

“Selain itu, karena sering berada di rumah dapat menyebabkan kurangnya konsumsi air putih,” kata Reihana.

26 Pelanggar Protokol Kesehatan Dihukum Bersihkan Makam Duka IDI dari Kematian 100 Tenaga Kesehatan Kesehatan Jamal Preman Pensiun Menurun

Pakar kesehatan masyarakat Dr Hermawan Saputra mengingatkan masyarakat semakin disiplin menerapkan protokol kesehatan pada era adaptasi kebiasaan baru.

“Pada saat ini, hampir seluruh sektor mulai dibuka, termasuk sekolah yang berada di zona kuning dan hijau,” ujarnya, akhir pekan lalu.

Meski sejumlah sektor dibuka, bukan berarti pandemi COVID-19 telah usai. Masyarakat harus semakin disiplin dalam menerapkan protokol kesehatan agar terhindar dari penularan COVID-19.

Hermawan menjelaskan terdapat dua pendekatan yang dilakukan agar aman beraktivitas selama pandemi Covid-19. Pendekatan pertama, dari sisi pemerintah, dan yang kedua adalah dari masing-masing individu.

“Pemerintah telah menjalankan tugasnya dengan melindungi masyarakat dan memberikan imbauan agar masyarakat menerapkan protokol kesehatan. Untuk pendekatan dari individu, yakni perlu menerapkan perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS), menggunakan masker, jaga jarak, dan jaga selalu imunitas tubuh dengan mengonsumsi makanan yang bergizi seimbang, istirahat cukup,” ujar Hermawan. (C-003/BBS)***