Saluran Air Irigasi Di Sulap Jadi Tempat Bermain Anak-anak

2

BISNIS BANDUNG – Berbagai usaha masyarakat dalam memperbaiki taraf hidup dan perekonomian  di wilayahnya patut di acungi jempol dan patut dijadikan contoh.
Seperti yang dilakukan warga masyarakat Desa Cipanas Dusun Babakan Caringin Kecamatan Tanjungkerta Sumedang yang memanfaatkan potensi yang ada di desanya dengan menyulap saluran air irigasi menjadi sarana tempat bermain anak-anak dan keluarganya.

Mereka melakukan pembersihan  irigasi dengan mengecat dinding kiri dan kanan, selain membersihkan saluran tersebut dari sampah dan bebatuan .Saluran irigasi tersebut dijadikan lahan bermain bagi anak – anak .Dengan menggunakan ban mobil bekas mereka bisa bermain menyusuri saluran air irigasi yang melintas di wilayah desa.
Objek wisata tubing di Dusun Babakan Caringin RW 06, Desa Cipanas, Kecamatan Tanjungkerta, kini ini mulai dilirik wisatawan .

Ide kreatif hadirnya wisata tubing ini dicetuskan Karang Taruna Ambara,  Desa Cipanas yang didukung Kepala Desa Cipanas, Asep Lantifan.
Pembenahan ini mendapat angin segar setelah warga  mendukung pembenahan kampungnya demi kemajuan desa dengan harapan bisa mendongkrak perekonomian ke arah yang lebih baik.
“Kita semua sangat antusias dalam memajukan desa dengan harapan ada perbaikan dalam perekonomian serta desanya menjadi terkenal dengan memanfaatkan sarana yang ada,”ujar Asep.

Dengan memanfaatkan saluran irigasi yang melintas ke kampung Cipanas , Asep  berharap warga masyarakat bisa menjaga saluran irigasi ini,dengan cara tidak membuang sampah apalagi sampai merusaknya.Karena warga masyarakat sendiri yang mempunyai tanggung jawab besar atas maju dan berkembangnya perkonomian warga desa.
Asep juga berharap ada investor dari dalam dan  luar Sumedang yang ingin  bekerjasama, hal ini akan sangat membantu apabila  terwujud dan dirinya berjanji akan terus memberdayakan  warga desanya , khususnya di bidang ekonomi dan bisnis.

Selain wana wisata river tubing mini,disalah satu lokasi masih lingkungan Desa Cipanas ini ada  produk UMKM yang dihasilkan warganya dalam membuat kerajinan tangan. Namun dibuat masih berdasar pada pesanan, berupa makanan maupun kerajian tangan. (E-010) ***