Samsat Membludak, Warga Abai Protokol Kesehatan

9

Pasca Libur Panjang Nasional, pelayanan publik diserbu masyarakat di Kota Cimahi, awal pekan kemarin. Akibatnya, warga abai dengan protokol kesehatan, karena saat antri berkerumunan tak jaga jarak, bahkan tidak gunakan masker, sehingga dikhawatirkan berpotensi menjadi penularan Covid-19.

Beginilah suasana antrian yang terjadi di kantor Samsat Kota Cimahi, antrian ratusan warga wajib pajak kendaraan tersebut, terjadi hingga keluar ruangan, akibat membludak pasca libur panjang nasional. Warga harus rela menunggu sejak pagi untuk mendapat giliran dipanggil petugas.

Namun sayangnya, karena membludak hingga keluar ruangan, warga harus abai dengan protokol kesehatan. Selain berkerumun tak jaga jarak, tak sedikit pula warga wajib pajak melepas dan tidak menggunakan masker. Sehingga dengan kondisi tersebut dikhawatirkan  berpotensi menjadi penularan Covid-19.

Meski ada petugas, namun tidak ada teguran atau imbauan bagi pelanggar protokol kesehatan. Di dalam ruangan, sebenarnya telah melakukan protokol kesehatan yang sangat baik, termasuk kursi antrian diberi  jarak. Demikian pula saat hendak masuk disediakan bilik disinfektan. Namun karena membludak pasca libur panjang, pelanggaran protokol kesehatan tak bisa dihindari.

Seperti diketahui, seluruh pelayanan publik termasuk samsat kota cimahi libur selama 5 hari sejak cuti bersama. Akibatnya banyak wajib pajak yang jatuh tempo, saat akhir oktober membayar secara bersamaan pada hari ini, sehingga membludak.

algi muhammad ghifari, bandung tv.