Sawah Seluas 1 Hektar Longsor

42

Satu hektar persawahan di Desa Sukajadi, Wado, Kabupaten Sumedang, Jawa Barat, mengalami longsor. Hektaran sawah dan pemukiman terdekat pun terancam tergerus, lantaran adanya retakan yang meluas. Longsor tersebut, akibat tingginya intensitas curah hujan yang mengguyur wilayah Sumedang, selama sepekan terakhir.

Seperti inilah kondisi persawahan milik warga, yang longsor di Desa Sukajadi, Wado, Kabupaten Sumedang, Jawa Barat. Sawah seluas satu hektar tersebut,tanahnya tergerus oleh air hujan.

Material longsoran, menutupi satu satunya aliran air irigasi warga. Bahkan tidak hanya itu, sawah di sekitar area longsor pun terancam tidak bisa digarap, lantaran tergerus longsor. Salah seorang warga mengaku,terancam merugi puluhan juta rupiah akibat longsor ini.

Petugas BPBD dan aparat setempat, meninjau langsung lokasi longsor dan mendata sejumlah area pesawahan yang mulai terdampak dan mulai mengalami retakan. Tak hanya pesawahan, longsor juga mengancam pemukiman terdekat yang berjarak hanya 100 meter dari area longsor.,

Warga berharap, adanya tindakan cepat dari pemerintah Kabupaten Sumedang untuk mengevakuasi material longsor, yang membuat gerusan longsor semakin meluas dan mengancam area pemukiman warga.,

Diki Guntara , Bandung Tv .,