Sembako Jelang Natal dan Tahun Baru Stabil Harga Cabai Melonjak 50%

4

BISNIS BANDUNG – Menjelang momen Natal dan Tahun Baru , harga bahan pokok di Pasar Sumedang Kota masih stabil. Hanya beberapa bahan yang mengalami kenaikan harga.

Kepala UPTD Pasar Sumedang Kota, Iyep Iwan Warsito mengatakan, kenaikan paling signifikan terjadi pada harga telur ayam dan cabai. Harga telur normalnya Rp 23.000/kilogram,  naik menjadi Rp 29.000/kilogram.

Kemudian harga cabai merah tanjung ,  harga sebelumnya Rp 65.000/kilogram, naik menjadi Rp 70.000/kilogram. Cabai keriting dari Rp 45.000/kilogram  menjadi Rp 65.000/ kilogram. Sementara cabai rawit hijau dari harga Rp 35.000 menjadi 40.000/kilogram.

“Kenaikan harga sudah terjadi sejak sebulan lalu, tapi kenaikan paling signifikan terjadi  dalam seminggu ini,” kata Iyep, Rabu (23/12/2020).

Meski ada yang mengalami kenaikan, lanjut Iyep, namun secara umum harga kebutuhan pokok di Pasar Sumedang Kota masih stabil. Seperti harga beras, daging dan sayuran tidak mengalami perubahan harga.

“Kenaikan bahan memang biasa terjadi menjelang hari besar keagamaan, namun stok bahan masih tetap aman,” ucapnya.

Salah seorang pedagang telur, Dede Sanjaya menyebut, kenaikan harga telur terjadi sejak tiga minggu lalu. Kenaikan harga terjadi lantaran permintaan yang banyak.

“Kenaikannya bertahap, ini karena banyak permintaan kalau di hari besar, kemungkinan karena banyak yang bikin kue,” tutur Dede.

Sementara , Dadah seorang pedagang cabai menuturkan, kenaikan harga cabai sudah terjadi di tingkat petani. Kenaikan ini berdampak pada banyaknya keluhan dari pembeli.
“Ya karena barangnya langka, naiknya sampai 50%, cabai tanjung biasanya Rp 40.000/kilogram sekarang Rp 80.000/kilogram,” tutur Dadah menjelaskan kenaikan harga cabai tanjung. (E-010)***

Baca Juga :   Koperasi dan UKM Komponen Otomotif Lokal Siap Bersaing