Serunya “Ulin Momotoran Bareng” Ke Ujung Genteng

121

Touring bermotor sungguh mengasyikan. Makin asik jika tujuannya memberikan pengalaman yang sangat berkesan. Seperti jalinan silaturahmi yang dilakukan oleh 3 komunitas otomotif penghobi touring asal Bandung bernama Bacank (Bandung Campuran Anak Genk), X5 Bandung dan Persaudaraan 13 (P13) Bandung. Mereka melakukan touring bersama yang dikemas dalam kegiatan Ulin Momotoran Bareng dengan tujuan Ujung Genteng Kabupaten Sukabumi,  Sabtu-Minggu, 30 November-1 Desember 2019.

Touring sepeda motor bersama-sama teman sehobi biasanya menjadi sesuatu yang menyenangkan. Bahkan bagi beberapa komunitas, touring sudah menjadi agenda kegiatan wajib. Apalagi jika touring dilakukan secara bersama-sama sambil menikmati keindahan alam saat perjalanan menuju obyek tujuan. Touring ini digelar dalam rangka mengenalkan potensi wisata dan membantu mempromosikan pariwisata Ciletuh dan Ujung Genteng serta untuk menjalin silaturahmi antar anggota club motor.

Sebanyak 45 bikers yang notabene adalah teman masa sekolah di SMP dan SMA ikut andil dalam touring yang titik awalnya berkumpul di Kota Baru Parahyangan Padalarang. Seluruh bikers yang terdiri dari 3 komunitas ini memulai perjalanannya menyusuri kawasan Padalarang, Cianjur,  beriistirahat sejenak dikawasan Sukabumi. Perjalanan panjang dengan kontur jalan naik-turun dan berkelok-kelok, ditambah pemandangan menawan,  membuat perjalanan terasa tidak melelahkan.

Dari Sukabumi , perjalanan dilanjutkan menyusuri kawasan Lengkong dan Loji dengan sasaran titik pemberhentian di Puncak Dharma Ciletuh Kabupaten Sukabumi. Kondisi jalan di kawasan ini sangat bagus. Kontur jalan naik-turun yang disertai kelokan yang tajam dan sempit, membuat para bikers saat melewatinya harus ekstra hati-hati. Namun selama dalam perjalanan tak ada kendala sedikit pun, semuanya berjalan lancar. Perjalanan Ulin Momotoran Bareng yang menempuh jarak 225 kilometer  berakhir di Pantai Ujung Genteng.

Pantai Pangumbahan Ujung Genteng Kecamatan Ciracap Kabupaten Sukabumi merupakan salah satu destinasi favorit. Ditempat ini, para bikers ikut menyaksikan dilepasnya tukik (anak penyu) ke laut lepas. Hal ini sekaligus menyadarkan kita akan pentingnya keberlangsungan hidup penyu di Indonesia,sebagai salah hewan yang harus dilestarikan.

Di lokasi tujuan, seluruh bikers beristirahat sambil menikmati sajian makan malam dan hiburan musik serta mengikuti sesi games dan pembagian hadiah doorprize.

Herdimansyah Chaidirsyah salah satu anggota Bacank yang notabene pengagas kegiatan touring, mengatakan, kegiatan ini merupakan ajang untuk meningkatkan tali silaturahmi antar bikers dari beberapa komunitas.  Selain itu kegiatan ini juga dapat mendorong sektor pariwisata di Jawa Barat agar lebih dikenal dan bisa meningkatkan minat kunjungan wisatawan nusantara dan mancanegara.

Jalinan silaturahmi dan persaudaraan antar komunitas akan terus dibina dan  dilakukan di antaranya melalui  kegiatan touring bersama. Diharapkan Bacank, X5 Bandung dan P13 tidak hanya sekadar menyalurkan hobi, tapi juga dapat bersinergi turut berpartisipasi dalam pembangunan daerah, khususnya sektor pariwisata. Setelah menikmati berbagai rangkaian kegiatan dan pesona wisata Ujuh Genteng t, seluruh bikers yang berjumlah 45 motor ini melakukan perjalanan pulang melewati Agrabinta, Sindang Barang Cianjur Selatan, via Naringgul dan Ciwidey. (E-002)***