Sukses Bermusik 25 Tahun /RIF Diseret Ke Pengadilan DCDC Bandung

41

Kembali terdengarnya grup band /RIF yang berhasil mempertahankan eksistensinya selama 25 tahun terdengar ke telinga para perangkat DCDC Pengadilan Musik. Salah satu program live streaming dari DjarumCoklatDotCom (DCDC) yang secara rutin mengundang dan mengkaji materi-materi terbaru dari band-band independen dan solois tanah air yang aktif dalam membuat karya, akhirnya memutuskan untuk menyeret /RIF ke meja persidangan, di edisi 40 pada 31 Januari 2020 di Kantin Nasion Rumah The Panas Dalam di Jalan Ambon Kota Bandung.

/RIF (rhythm in freedom) merupakan grup band Indonesia yang lahir di Bandung pada tahun 1992 yang dalam perjalanannya sempat bongkar pasang personel. Kini beranggotakan Andy (vokal), Jikun (gitar), Maggi (drum), Ovy (gitar) dan Teddy (bass). Sampai saat ini /RIF telah memproduksi tujuh album ditambah satu album berisi kumpulan lagu terbaiknya. Adapun album yang sudah mereka hasilkan antara lain Radja (1997), Salami (1998), Nikmati Aja (2000), …Dan Dunia Pun Tersenyum (2002), The Best Of (2004), Pil Malu (2006), 7 (2010), dan 18 Years of Rock (2013). Telah merilis banyak album serta 20 single,  tidak berlebihan jika mereka kemudian dijuluki sebagai “legenda rock Indonesia”.

Addy Gembel  selaku Produser DCDC Pengadilan Musik menyebutkan, bahwa kegiatan sidang , sekaligus semacam ulang tahun ke-25 tahun /RIF berkarir , u saya pikir segala prestasi dan sepak terjang mereka wajib diketahui fans  serta memperkenalkan karya terbarunya dalam bentuk single berjudul “O.. Gitu Ya”.

Mereka diadili oleh dua Jaksa Penuntut, yakni Budi Dalton dan Pidi Baiq. Kursi Pembela ditempati oleh Yoga (PHB) dan Ruly Cikapundung, dipimpin Man (Jasad) selaku Hakim . Sedangkan jalannya persidangan diatur oleh Soni Bebek sebagai Panitera. Di hadapan RAKYAT yang merupakan sapaan dari fans mereka. /RIF berhasil berbicara atas nama karyanya, sehingga terbebas dari tuntutan dan materinya dinyatakan layak untuk dikonsumsi oleh publik.

Sementara , Agus Danny Hartono selaku perwakilan pihak DCDC mengungkapkan, kata pepatah “Bangsa yang besar adalah bangsa yang menghargai jasa para pahlawannya”, pihaknya menganggap /RIF adalah pahlawan dalam industri musik di Kota Bandung, khususnya band legend di Bandung. Jadi alangkah baiknya kalau kita berbangga pada Pengadilan Musik ini, untuk mengangkat karya terbaru dari /RIF yang sekian lama vakum.

Agus menambahkan ke depannya Djarum Coklat Dot Com (DCDC) tidak hanya terpaku kepada band Kota Bandung saja, tapi juga beberapa band legendaris dari daerah lain yang se-frekuensi dengan kita sangat terbuka lebar untuk diadili dan diekspose di program ini.

/RIF  merilis single terbaru berjudul “O.. Gitu Ya”, pada 5 Desember 2019  sebagai bagian dari perayaan 25 tahun karir mereka di industri musik Indonesia. Mereka juga sedang menyusun rencana untuk menggelar tour dengan konsep konser intim di kawasan Jawa Barat  kolaborasi dengan beberapa band dan penyanyi sebagai bagian dari menyapa penggemar setia mereka yang selama 25 tahun tetap mendukungnya. (E-009)***