Tak Ada Jaringan Internet, Siswa Belajar Gunakan Handy Talkie

8

Meski dalam status adaptasi kebiasaan baru, sistem belajar jarak jauh secara daring, masih diberlakukan. Di Kabupaten Cianjur, Anggota Kepolisian Resort Cianjur, mengajak siswa dan guru belajar melalui alat handy talkie. Mengingat tak semua warga, bisa mendapatkan fasilitas internet.

Inilah yang dilakukan anggota Kepolisan Resor Cianjur dalam membantu para siswa belajar, di tengah Pandemi Covid-19. Sistem pembelajaran jarak jauh secara daring, membuat para anggota kepolisian tersebut tergerak untuk membantu siswa, mengingat tidak semua kalangan masyarakat bisa mendapat fasilitas gadget dan internet. Bagi sebagian masyarakat, mungkin kemajuan teknologi serta fasilitas internet yang begitu cepat menjadi kemudahan, untuk melakukan sistem pembelajaran secara daring. Namun bagi sebagian lainnya, hal tersebut menjadi barang mewah yang sulit didapat. untuk itu, di setiap harinya anggota kepolisian mendatangi rumah-rumah warga untuk meminjamkan alat komunikasi handy talkie, sebagai sarana belajar dan komunikasi siswa dengan guru. Selain membantu siswa dalam kegiatan belajar, anggota kepolisian pun sambil mensosialisasikan protokol kesehatan. Ajarkan siswa untuk selalu memjaga jarak aman, serta pentinggnya menggunakan masker. Adanya bantuan dari piihak kepolisian tersebut disambut baik oleh para siswa dan guru.

Tak kalah dengan jangkauan internet, komunikasi melalui handy talkie tersebut, menggunakan saluran pemancar milik kepolisian yang bisa digunakan dari jarak jauh. Tak perlu kuota internet, belajar menggunakan handy talkie ternyata dirasa mudah, dan anak-anak pun bisa dengan jelas mendengarkan materi yang diberikan guru.

Kegiatan para anggota kepolisian tersebut, akan terus dilakuakan selama masa belajar jarak jauh masih diberlakukan. Sambil berpatroli, anggota kepolisian akan mencari warga masyarakat yang belum mempunyai fasilitas internet, untuk kebutuhan pembelajaran di tengah keterbatasan.

Heri Setiawan, Bandung Tv.