Tanggul Jebol, Ratusan Rumah Terdampak

4

Ratusan rumah warga di Desa Panyadap, Kecamatan Solokan Jeruk, Kabupaten Bandung, rusak akibat diterjang derasnya air sungai cisunggala, pasca tanggul sungai sepanjang tiga belas meter di kawasan tersebut jebol, pada selasa malam kemarin. Petugas dibantu warga berupaya untuk memperbaiki tanggul yang jebol, dan melakukan bersih-bersih dari material lumpur yang terbawa air di rumah dan jalan pedesaan.

Beginilah kondisi tanggul jebol di sungai cisunggala, yang merupakan anak sungai citarum, di Desa Panyadap, Kecamatan Solokan Jeruk, Kabupaten Bandung, rabu pagi. Air terlihat masih mengalir deras menerjang ratusan pemukiman warga dan menyeret material sampah, pasca tanggul sepanjang tiga belas meter di kawasan tersebut jebol, selasa malam kemarin.

Sedikitnya empat puluh sembilan rumah warga di RW 01, yang lokasinya sangat berdekatan dengan tanggul tersebut, mengalami kerusakan cukup berat dan dipenuhi lumpur. Ade Rosmawati,  salah satu warga yang rumahnya rusak dan dipenuhi lumpur, mengaku tak ada perabotan yang bisa diselamatkan, karena peristiwa tanggul jebol terjadi begitu cepat. Untuk sementara waktu,  Ade dan keluarganya akan menumpang di rumah tetangganya yang lebih aman, hingga proses penanggulangan selesai.

Sementara itu, menurut camat Solokan Jeruk, Rofiran, peristiwa tanggul jebol terjadi akibat curah hujan yang tinggi,  sehingga sungai cisunggala tidak dapat menampung debit air yang begitu besar.  Dari data sementara pihaknya mencatat, sedikitnya terdapat tiga ratus rumah dan kepala keluarga yang terdampak,  termasuk empat puluh sembilan rumah yang mengalami rusak berat.

Tidak hanya menerjang dan merusak ratusan pemukiman warga di dua RW,  banjir akibat tanggul jebol juga meluap ke jalan pedesaan,  sehingga material lumpur memenuhi badan jalan. Hingga kini, petugas masih melakukan pendataan secara menyeluruh dan mendetail. Sementara itu sejumlah warga berupaya membantu petugas dalam pembersihan tanggul, dan jalan yang dipenuhi lumpur.

Baca Juga :   10.000 Pelari Ramaikan Bandung Maraton 2019

Rezytia Prasaja,  Bandung Tv.