Teknologi yang Jadi Sorotan di CES 2020

11

AJANG pameran teknologi tahunan CES 2020 akan kembali digelar pada 7-10 Januari 2020 di Las Vegas, Amerika Serikat (AS). Beberapa perusahaan teknologi akan turut andil dalam ajang ini dan memamerkan inovasi terbarunya.

Kabarnya, ada lima teknologi yang akan menjadi sorotan di CES 2020. Beberapa di antaranya sudah populer sejak tahun lalu. Berikut ulasannya untuk Anda, seperti dilansir dari laman Vrzone, Senin (6/1/2020).

  1. Kecerdasan Buatan

Perkembangan kecerdasan buatan sudah terlihat sejak 2010, di mana beberapa perusahaan memperkenalkan asisten suara. Seperti Google Assistant dan Siri milik Apple. Untuk saat ini, penyebaran teknologi AI semakin luas. Awalnya terbatas pada handset, asisten AI segera pindah ke komputer ke speaker rumah seperti lini produk pintar Google Home dan kemudian ke gadget lain seperti jam tangan pintar dan earphone.

  1. 5G

Teknologi 5G menjanjikan peningkatan Internet yang cepat, bahkan berpuluh kali dari 4G. Pada 2019, beberapa negara juga telah meluncurkan 5G untuk komersial. Negara lainnya pada tahap pengujian konektivitas 5G.

Beberapa vendor berlomba-lomba untuk meluncurkan ponsel 5G. Samsung Galaxy Fold merupakan ponsel pertama dengan layar yang dapat dilipat dan merupakan ponsel pertama dengan konektivitas 5G.

Menariknya kota tuan rumah CES 2020, Las Vegas telah memiliki jaringan 5G komersial oleh AT&T dan T-Mobile. Sehingga, diharapkan CES 2020 mampu melahirkan beberapa teknologi baru seperti mobil tanpa awak, smart city dan lainnya.

  1. Layanan Berlangganan

Peningkatan layanan berlangganan di dunia teknologi menguntungkan perusahaan lebih dari konsumen. Seperti layanan Adobe Cloud Kreatif, suite Microsoft Office 365, layanan streaming Apple TV+, Disney+, layanan game Apple Arcade, dan Google Stadia sudah sangat berkembang.

  1. Privasi & Keamanan

Eksploitasi data pengguna menjadi kejahatan siber yang marak belakangan ini. Skandal Cambridge Analytica Facebook segera diikuti oleh serentetan kebocoran data, peretasan, dan eksploitasi di seluruh dunia teknologi.

Pada Roundtable Chief Privacy Officer CES 2020, petugas privasi di Apple, Facebook dan Procter & Gamble bersama dengan Komisaris Komisi Perdagangan Federal Rebecca Slaughter akan mendiskusikan skalabilitas dan keberlanjutan privasi, bersama dengan regulasi dan tuntutan konsumen.

  1. Kesehatan & Aksesibilitas

Fitur-fitur baru seperti panggilan layanan darurat, EKG, deteksi denyut jantung abnormal telah membantu menyelamatkan nyawa menjadi bukti potensi teknologi untuk membantu manusia. Akan ada banyak jam tangan pintar yang akan dipamerkan pada CES 2020. (C-003/ahl)***