Telegram Hadirkan 5 Fitur Baru

52

TELEGRAM masih menjadi salah satu aplikasi komunikasi yang digemari oleh pengguna ponsel pintar. Dilansir Neowin, pada April 2020 dikabarkan Telegram telah berhasil mencapai 400 juta pengguna bulanan.

Perusahaan memberikan beragam fitur baru, dan bulan ini, Telegram kembali hadirkan update melalui versi 6.3 dengan beragam fitur tambahan. Berikut ini beberapa fitur baru yang tidak boleh Anda lewatkan.

File Sharing

Fitur berbagi pesan pada Telegram bukanlah hal baru. Dilansir Android Police, kini Telegram hadirkan batas kapasitas baru dalam satu kali pengiriman file.

Jika selama ini Anda hanya dapat mengirimkan pesan sebesar 1,5GB, kini jumlahnya menjadi sepertiga lebih besar dengan kapasitas maksimal 2GB. Dengan kapasitas sebesar ini, tampaknya Telegram ingin menjadi unggul dibandingkan para pesaingnya.

Video Profile

Melalui update terbarunya ini, kini Anda tidak hanya dapat menjadikan sebuah foto sebagai foto profil, namun juga Anda dapat menggunakan video, membuatnya memberikan kesan lebih interaktif dibandingkan sebelumnya. Video itu dapat Anda rekam langsung saat hendak mengubah tampilan profil atau bisa juga menggunakan rekaman yang sudah ada pada ponsel.

Adapun video ini tidak serta merta terputar begitu saja. Video akan dimainkan hanya saat seseorang menekan tampilan profil Anda, sehingga dengan begini gangguan dan banyaknya pemakaian paket data dapat diminimalisir.

Skin Softening

Selain menghadirkan update fitur profil, tak mau kalah dalam hal foto dan video Telegram juga akan menghadirkan fitur kecantikan. Fitur ini serupa dengan apa yang Anda temui pada aplikasi lainnya, di mana Anda dapat mencerahkan, memberi filter atau bahkan menghaluskan kulit dengan menghilangkan spot kasar untuk kualitas foto yang lebih baik.

Mini-thumbnails

Fitur ini juga disebut dengan pratinjau, Anda dapat melihat kiriman foto dan video dari teman-teman Anda, di mana sebelumnya pada bagian ini hanya ditunjukkan pemberitahuan bahwa sebuah file media telah terkirim pada ruang obrolan.

Filtered Messages

Pelengkap dari poin sebelumnya, kini Telegram memberikan Anda kenyamanan privasi yang lebih baik dari sebelumnya. Kini Anda dapat secara otomatis mengarsipkan pesan dari orang-orang yang tidak Anda kenal, sebagaimana Neowin mengatakan hal ini berhubungan dengan fitur People Nearby yang dimiliki Telegram.

Namun tidak perlu khawatir, Anda masih bisa membaca pesan dari orang-orang yang Anda arsipkan karena pesan itu tidak secara otomatis dihapus dari aplikasi.

Selain kelima update tersebut, Telegram juga memberikan update tambahan untuk fitur yang sudah ada. Kini Anda dapat memutar dan memotong video melalui editor gambar. Adapula kini pemutar musik dilengkapi tombol baru dan daftar lagu yang lebih luas. (C-003/ahl)***