Tersenyum Obat Stress Jangan Senyam Senyum Sendiri

26

BISNIS BANDUNG – Ketawa itu sehat sepertinya benar juga . Banyak manfaat yang bisa diperoleh, selain bisa menghindarkan kesalahpahaman dengan teman atau saudara saat bertemu dengannya, kita tidak memberi tawa ramah atau tersenyum, bisa mengesankan permusuhan yang mencuatkan kesalahpahaman yang menjurus pada sangkaan sakit jiwa.

Saat tertawa , ada banyak gerakan dan perubahan dalam tubuh kita.mulai dari bagian otak , hormon, pembuluh darah , otot sampai organ lain dalam tubuh. Ketawa, bisa membantu melepaskan emosi dan ketegangan . Ketawa selama 5 -10 saja bisa merangsang keluarnya zat endorphin dan seretorin, yakni  zat yang bisa menghilangkan rasa nyeri dalam tubuh. Penggabungan zat-zat tersebut bisa membuat perasaan jadi tenang , tenteram, nyaman dab bahagia . Selain itu , ketawa bisa juga mengurangi pengeluaran zat adrenalin , kortisoldan radikal bebas yang memancing ketegangan, kecemasan dan ketakutan.

Manfaat lain dari ketawa berpengaruh pada otot- otot di wajah. Gerakan otot bisa menghilangkan atau mengurangi kerut-kerut di wajah. Dengan banyak ketawa akan menimbulkan rasa rileks dan pikiran negatif.

Ketawa atau senyuman , juga merupakan alat komunikasi dalam kehidupan sosial atau pergaulan. Sebab, tentunya tidak mungkin kita ketawa sendirian atau popular dengan istilah Senyam Senyum Sendiri . Jadi dalam hal ini , ketawa bisa disebut sebagai alat pergaulan , berteman dengan berbagai lapisan masyarakat dalam menunjukan sikap perdamaian. Ketawa , bahasa tubuh dan mimik muka bersahabat akan mampu mengikat persahabatan antara kelompok atau suku. (B-003) ***