Tips Agar Masker Tetap Segar dan Tak Berbau

208

MASKER jadi starter kit zaman now buat beraktivitas di luar rumah. Hal yang satu ini penting banget buat melindungi diri di tengah musim penularan penyakit seperti sekarang ini. Tapi, pakai masker seharian ternyata menantang banget. Nggak hanya bikin pengap, lama-lama Anda juga merasa kalau napas jadi bau tak sedap gara-gara tertutup masker seharian. Hal ini pastinya bikin aktivitas sehari-hari jadi nggak nyaman.

Tapi, Anda bisa kok tetap nyaman saat pakai masker seharian. Ini trik jitu yang bisa dicoba!

Perbanyak Minum Air Putih

Mulut yang sering tertutup masker bikin Anda jadi lupa minum air putih? Ini dia salah satu ‘dosa’ besar penyebab bau mulut. Kurang minum air putih bisa menyebabkan tubuh dehidrasi. Tahu nggak kalau kondisi ini jadi salah satu penyebab napas tak sedap? Saat tubuh dehidrasi, produksi saliva atau air liur yang mengandung zat antibakteri jadi ikut berkurang. Inilah yang membuat munculnya bau mulut, karena kemampuan tubuh melawan bakteri yang ada di mulut ikut berkurang.

Supaya napas tetap segar saat menggunakan masker, pastikan penuhi kebutuhan cairan tubuh 8 gelas per hari ya. Bawa selalu botol minum pribadi saat beraktivitas di luar rumah supaya bisa tetap memenuhi kebutuhan cairan tubuh selama beraktivitas di masa new normal ini.

Hindari Makanan yang Bikin Napas Tak Sedap!

Minum kopi saat bekerja memang bisa bikin Anda makin fokus, ngemil makanan manis juga bisa jadi mood booster. Tapi, sadar nggak kalau dua jenis makanan ini bisa bikin napas jadi bau tak sedap? Kopi dan produk olahannya bisa membuat mulut jadi kering dan mengurangi aliran air liur sehingga menyebabkan pertumbuhan bakteri di area tersebut. Sementara itu, makanan manis yang mengandung kadar gula tinggi adalah sumber bahan bakar yang memicu pertumbuhan bakteri.

Baca Juga :   Pesona Curug Kembar Ciparay Di Cigalontang Tasikmalaya

Selain kedua jenis makanan tersebut, konsumsi makanan yang mengandung bawang, tomat, susu dan produk olahannya, serta daging merah juga bisa memicu masalah napas tak sedap. Ada baiknya perhatikan makanan yang dikonsumsi kalau nggak ingin galau dengan masalah napas tak sedap yang mengganggu.

Stop Bernapas Lewat Mulut!

Mungkin Anda nggak sadar, tapi seseorang jadi cenderung napas lewat mulut saat menggunakan masker. Kebiasaan ini secara alami bisa membuat mulut terasa kering. Saat bernapas lewat mulut, udara lembap yang mengandung bakteri terjebak dalam kain masker, sehingga menyebabkan bau tak sedap.

Biarpun pengap, tapi sebaiknya hindari kebiasaan bernapas lewat mulut saat menggunakan masker. Kalau merasa pengap, Anda bisa sesekali membuka masker saat tidak berinteraksi dengan orang lain, misalnya ketika sedang fokus bekerja di balik meja. Tapi, pastikan jangan lupa gunakan kembali maskermu saat meninggalkan ruangan ya!

Kebersihan Gigi dan Mulut

Ini dia salah satu aturan wajib untuk menjaga napas saat menggunakan masker seharian. Pastikan sikat gigi dengan tepat dua kali sehari untuk meminimalisir bau tak sedap selama beraktivitas dengan masker. Menjaga kebersihan gigi dan mulut juga penting karena area ini adalah pintu masuknya bakteri yang bisa berpotensi menyerang kesehatan tubuh. Dengan rutin sikat gigi, artinya kamu juga ‘sikat’ habis bakteri yang bisa merugikan kesehatan. (C-003/Bbs)***