Tips Agar Resolusi di Tahun Baru Tercapai

20

Setiap orang pasti menginginakan perubahan diri menjadi lebih baik setiap harinya. Beberapa orang yang merasa kurang puas terhadap pencapaiannya di tahun lalu akan membuat resolusi atau harapan untuk tahun yang baru. Resolusi tersebut tentunya diharapkan bisa terlaksana sesuai keinginan. Dalam mencapai resolusi, pasti saja ada faktor-faktor yang menghambat, misalnya rasa malas, teralu sibuk, atau kurang pecaya diri. Berikut beberapa tips agar resolusi di tahun yang baru tercapai.

  1. Tulis resolusi yang ingin dilakukan

Resolusi yang telah dibuat bisa saja terlupakan. Oleh karena itu, kalian bisa menulisnya sebagai pengingat. Berbagai media bisa dijadikan untuk menyimpan catatan resolusi, misalnya di aplikasi notes padagawai, di buku catatan, atau di potongan kertas kemudian kalian bisa menempelnya di dinding kamar atau meja kantor agar resolusi tersebut bisa selalu terlihat.

  1. Rencanakan dengan matang cara mencapai resolusi

Rencanakan resolusi yang ingin kalian capai dengan matang, sehingga resolusi bisa berjalan sesuai harapan. Apalagi resolusi tersebut merupakan hal besar dan jangka panjang. Misalnya resolusi kalian menikah, tentu itu bukanlah sesuatu yang bisa dianggap remeh, kalian harus merencanakan segala sesuatunya agar tidak salah langkah.

  1. Mengevaluasi kesalahan di tahun lalu

Setiap manusia pasti memiliki kesalahan, tetapi tentu kita bisa meminimalisir kesalahan agar menjadi pribadi yang lebih baik lagi. Kesalahan yang pernah dibuat di tahun lalu coba untuk di evaluasi, dan temukan jawaban mengapa kesalahan tersebut bisa terjadi sehingga tidak akan terulang kembali di tahun yang baru.

  1. Memulai dari hal kecil

Beberapa orang mungkin mengharapkan bisa melakukan hal yang besar dalam hidupnya, tetapi pasti muncul keraguan sebelum melakukannya dan pada akhirnya bisa jadi malah tidak mencapai apapun dikarenakan tidak siap mengambil langkah untuk melakukan hal besar. Karena itu, kalian bisa mempersiapkannya dengan memulai sesuatu yang kecil terlebih dahulu. Misalnya kalian ingin menjadi Youtuber, kalian bisa memulai untuk membuat akun dan mempersiapkan konten yang paling mudah dibuat.

  1. Menjauhi sesuatu yangberdampak negatif

Hal-hal yang hanya bedampak negatif sudah seharusnya dijauhi, apalagi hal tersebut mempengaruhi resolusi yang sudah kalian buat. Biasanya hal negatif muncul dari diri sendiri maupun lingkungan sekitar. Rasa malas, boros, dan gaya hidup tidak sehat merupakan faktor yang bisa membuat resolusi yang telah dibuat gagal. Misalnya resolusi tahun baru adalah menurunkan berat badan, kalian tentu harus rajin berolah raga dan mengubah gaya hidup menjadi lebih sehat.

  1. Lebih Percaya Diri

Faktor yang bisa membuat resolusi tidak berhasil selanjutnya adalah ketidak percayaan terhadap diri sendiri. Pikiran bahwa kita tidak mampu melakukannya adalah hal yang salah. Kita harus lebih percaya diri bahwa hal tersebut bisa dilakukan. Jauhi sesuatu yang bisa membuat tidak percaya diri, misalnya orang-orang yang hanya bisa menjatuhkanmu dan membuatmu pesimis.

Berikut beberapa tips agar resolusi di tahun baru bisa tercapai sesuai harapan. Resolusi tidak akan berjalan tanpa adanya usaha dan berdoa. Karena itu kita harus lebih semangat menjadi pribadi yang lebih baik lagi setiap harinya. (Zean Elene)***