Tips Berkemah Di Musin Hujan

82
Tips Berkemah Di Musin Hujan

Musim hujan bukan sebagai penghalang aktivitas , termasuk bagi pencinta alam untuk berkemah . Asal kita mempersiapkan segala kebutuhan yang diperlukan untuk berada di alam terbuka pada musim hujan. Musim hujan bukan menjadi alasan untuk tidak  berkemah. Tapi alangkah baiknya melakukan persiapan agar berkemah  menyenangkan.

Persiapkan semuanya sebelum berkemah


Sebelum berangkat berkemah, kamu harus memperhatikan barang apa saja yang harus dibawa dan harus melakukan apa saja di tempat perkemahan nanti. Bawalah peralatan sesuai kebutuhan ditempat berkemah.

Perhatikan lokasi perkemahan

Sebelum berangkat dan mengambil resiko besar saat berkemah di musim hujan, perhatikan dulu lokasi perkemahan. Kamu bisa memanfaatkan informasi cuaca  di tempat perkemahan nanti. Jangan memilih tempat yang berbahaya untuk dijadikan lokasi perkemahan.

Packing

Membawa peralatan dan perlengkapan harus memperhitungkan kelembaban tanah. Membawa  selimut tebal dan jas hujan. Masuk dalam kantong plastik . Untuk pakaian , simpan dalam kantong plastik tersendiri. Sedangkan yang sifatnya fast moving agar disimpan paling atas agar mudah diambil , apalagi saat hujan yangbisa merepotkan.

 

Selalu Kering

Perlu dicatat bahwa basah bisa lebih membahayakan. Bila ditambah suhu dingin. Jadi sejak berangkat dari rumah berusahalah tetap kering terutama pakaian. Segeralah ganti pakaian yg basah dengan yang kering. Dingin akan lebih terasa bila anda basah, anda akan tetap kedinginan walau berselimut sleeping bag . Bawahlah kaus kaki ,pakaian dalam, atau t-shirt ekstra untuk cadangan.

Bawa tenda bervestibule (teras)

Jika anda berencana untuk tetap berkemah saat musim hujan, sebaiknya bawalah tenda yang memiliki teras sehingga memudahkan anda untuk memasak walaupun sedang turun hujan.

Bawalah Flysheet 

Flysheet sangat berguna untuk melindungi tenda bagian dalam dari hujan, flysheet yang bagus adalah yang menutup tenda hingga kebawah. Hindari memakai tenda camping yang tidak mempunyai flysheet karena sewaktu dipakai di cuaca yang lembab, tenda tersebut cenderung bagian dalamnya akan menjadi lembab dan sangat buruk untuk kesehatan.

Makanan Instan

Saat berkemah kesehatan menjadi hal penting yang harus diperhatikan. Makanan adalah bekal yang vital saat berkemah terlebih lagi saat hujan dan tidak bisa berpergian kemana – mana. Selain itu harus selalu membawa obat obatan.

Tips terakhir adalah jika cuaca memburuk segera akhiri kegiatan berkemah,biar bagaimanapun keselamatan ialah tujuan utama. (E- 001) ***