Tips Berkendara Aman Saat Covid-19

228

Perintah untuk tetap di rumah di kala badai Covid-19 memang wajib dipatuhi guna menghindari penyebaran yang kian meluas. Dibatasi hanya untuk melakukan hal yang penting dan urgent, terkadang kita harus tetap bepergian untuk membeli bahan makanan, pengobatan dan keperluan lain dan moda kendaraan yang paling aman adalah mobil.

Walau mobil terbilang cukup aman, resiko berkendara saat Covid-19 pun tetap mengintai bagi kita yang lalai akan kebersihan. Berikut tips berkendara aman saat Covid-19.

  1. Bersihkan Mobil

Menular lewat droplets atau butiran saliva yang mampu menempel hampir pada setidap permukaan, hal pertama yang harus dilakukan untuk berkendara aman adalah dengan membersihkan mobil secara keseluruhan, terutama bagian-bagian yang kerap kita sentuh. Gunakan sabun dan cairan disinfektan atau cairan pembersih yang sesuai dengan bahan untuk membersihkan handle pintu luar dan dalam, setir, tuas transmisi, head unit, tepian pintu bagasi belakang, console box dan lainnya.

  1. Bersihkan Tangan

Penghantar virus corona yang paling jitu adalah dari tangan, maka itu pastikan tangan selalu dalam keadaan bersih dan higienis sebelum dan seusai mengendarai mobil. Cuci tangan dengan sabun sebisa mungkin minimal durasi 20 detik sebelum memasuki mobil, atau aplikasikan hand sanitizer secara menyeluruh. Nah, untuk mencegah infeksi virus, hindari menyentuh area wajah sebisa mungkin, karena Covid-19 bisa masuk lewat hidung, mulut dan mata.

  1. Batasi Penumpang

Cara yang paling aman jika semua kebersihan telah dijaga adalah berkendara sendirian, karena kita tidak bisa selalu mengendalikan apa saja yang penumpang lain telah sentuh dan akan di sentuh di dalam mobil kita. Jika pun terpaksa harus mengangkut penumpang, pastikan jangan duduk bersebelahan dan terapkan protokol kebersihan pribadi pada penumpang.

  1. Minimalisir Kontak

Saat berkegiatan di luar kendaraan, minimalisir sentuhan tangan pada benda-benda yang beresiko, seperti handle pintu, handle keranjang belanja, uang dalam bentuk fisik, dan lainnya, sehingga kita tidak membawa virus saat masuk kembali ke dalam mobil.  (E-002)***