Tips Internetan Saat Libur Panjang

12
Tips Internetan Saat Libur Panjang

NATAL dan Tahun Baru (Nataru) menjadi salah satu momen liburan yang paling ditunggu oleh seluruh orang di dunia. Ketika liburan, dapat dipastikan masyarakat mengakses Wifi. Jika tidak waspada, langkah itu bisa menjadi titik akses serangan siber.

Tak hanya Wifi publik, momen liburan Nataru juga menjadi momen untuk berbelanja online di platform-platform e-commerce. Masyarakat perlu mengetahui ancaman berbahaya dari kegiatan belanja online, terutama dalam hal sistem pembayaran dalam belanja daring.

Kaspersky memberikan beberapa tips untuk tetap aman di liburan Nata dan Tahun Baru. Berikut beberapa tipsnya.

  1. Batasi Izin Akses Informasi Daring

Jagalah privasi online Anda dengan serius. Hanya bagikan atau izinkan akses ke informasi Anda dengan pihak ketiga jika benar-benar diperlukan, untuk meminimalkan informasi yang jatuh ke tangan yang salah.

  1. Waspada Serangan Siber Lewat e-mail

Selalu waspada akan e-mail yang mencurigakan. Jika terlihat sangat mencurigakan, selalu lakukan pemeriksaan, pemeriksaan kedua, dan pemeriksaan ulang.

Jika e-mail dianggap berasal dari bank Anda, segera hubungi bank yang bersangkutan untuk melakukan verifikasi. Secara historis, bank tidak akan pernah meminta detail Anda seperti kata sandi.

Bank biasanya akan meminta pembaruan detail pribadi secara langsung dengan mengisi formulir di cabang mereka.

  1. Gunakan Solusi gabungan dari Produk Keamanan

Produk keamanan dan langkah-langkah praktis dapat meminimalkan ancaman dan menjaga data online Anda tetap aman. Solusi keamanan dapat memberi perlindungan komprehensif dari berbagai ancaman.

Saran dari Kaspersky untuk sektor perusahaan adalah sebagai berikut:

  1. Edukasi Karyawan Soal Perlindungan Data Pribadi

Mendorong karyawan untuk mempelajari lebih lanjut tentang langkah sederhana dalam melindungi data pribadi.  Tekankan pentingnya enkripsi data, otentikasi dua faktor, dan kata sandi yang kuat, serta diskusikan apa yang perlu dilakukan jika suatu saat perangkat dicuri.

  1. Edukasi Soal Bahaya menggunakan Wifi Publik

Mengedukasi karyawan tentang bahaya menggunakan Wifii publik dan cara membuatnya lebih aman, misalnya, dengan menggunakan VPN.

  1. Gunakan Solusi & Layanan Keamanan Digital

Lindungi sistem Anda selama musim liburan dengan kombinasi solusi dan layanan yang mencakup empat tahap serangan. Empat tahap serangan tersebut terdiri dari memprediksi, mencegah, mendeteksi, dan memberikan respon. (C-003/DAL)***