Tips Memilih Ponsel Sesuai Kebutuhan

86

SETIAP ponsel memiliki keunggulan masing-masing. Namun seringkali banyak fitur yang justru membuat pengguna bingung mengoperasikannya. Sebelum memutuskan untuk membeli ponsel tertentu, pastikan Anda telah mengetahui apa yang menjadi kebutuhan dan dapat menunjang aktivitas sehari-hari.

Contohnya, jika menyukai fotografi, belilah ponsel dengan kualitas kamera yang sesuai standar Anda. Begitu pula misalnya jika membutuhkan ponsel yang tahan dipakai bermain gim dengan grafis yang berat, ponsel dengan RAM tinggi bisa jadi pilihan. Berikut tips untuk memilih ponsel yang sesuai dengan kebutuhan.

OS Android atau iOS

Dari segi jumlah, Android paling banyak digunakan dibanding dengan iOS. Terlebih, pilihan ponsel juga lebih bervariasi dibanding iOS yang hanya digunakan pada iPhone. Keduanya memiliki fitur unggulan yang tak dapat ditemukan pada OS lainnya. Namun ada pula fitur-fitur yang telah dimiliki keduanya.

iOS

Apple juga telah membawa pembaruan iOS 13 pada produk ponsel terbarunya yaitu seri iPhone 11. Dilansir dari MacRumors, fitur yang menjadi unggulan pada iOS 13 yaitu penambahan Memoji, mode gelat (dark mode), Screen Time, hingga pelacakan siklus menstruasi. Pembaruan iOS ini bisa digunakan mulai dari iPhone 6s dan setelahnya.

Android

Berbeda dengan iOS yang baru mendapatkan mode gelap, Android versi sebelumnya telah mengadopsi mode tersebut. Hanya saja melakukan pembaruan sistem dark mode yang lebih luas pada Android 10. Dilansir dari Android Authority, fitur unggulan baru lainnya yaitu screen recording, kontrol privasi, mode Focus, hingga QR code untuk berbagi Wifi.

Saat ini, Google memang telah merilis versi terbaru yakni Android 10. Namun belum banyak merek ponsel yang kebagian pembaruan tersebut. Google Pixel merupakan ponsel pertama yang menggunakan Android 10. Anda tak perlu khawatir karena Google telah mengumumkan akan memberikan pembaruan OS pada ponsel-ponsel Android lainnya. Hanya saja Anda harus sedikit bersabar karena pembaruan dilakukan bertahap.

Fitur yang Diinginkan oleh pengguna biasanya antara lain:

Baterai Tahan Lama

Kapasitas baterai bisa diketahui dari jumlah mAh yang dimiliki ponsel. Ponsel dengan baterai yang besar sangat cocok digunakan bagi orang-orang yang tak sempat mengisi ulang baterai.

Memori Internal atau Eksternal

Jika Anda gemar menyimpan banyak foto dan video hingga menggunakan banyak aplikasi, Anda perlu mempertimbangkan ponsel dengan penyimpanan yang besar. Kebanyakan ponsel saat ini hanya menyediakan penyimpanan internal saja yang cukup terbatas. Ukurannya cukup bervariasi, mulai dari 64GB, 128 GB, hingga 256 GB. Ada pula ponsel yang menyediakan slot microSD agar kapasitas penyimpanan jadi lebih besar namun sejauh ini belum ada ponsel iPhone yang menyediakan pilihan tersebut.

RAM yang Cukup

Performa ponsel juga ditentukan oleh kapasitas RAM. Jika ponsel banyak digunakan untuk bermain gim dengan grafis tinggi atau sering mengedit video, sudah sangat tepat untuk memilih ponsel dengan RAM yang tinggi. Misalnya saja ponsel khusus gim keluaran Asus ROG Phone memiliki RAM 8GB.

Jumlah Kamera dan Sensor Tak Pengaruhi kualitas

Fitur ini mungkin akan semakin membuat Anda bingung untuk memilih karena ponsel saat ini memiliki kamera yang begitu beragam dan juga lebih dari satu. Namun menurut Digital Trends, kualitas kamera tak dapat ditentukan dengan jumlah kamera maupun besaran megapiksel.

Sesuaikan dengan Budget

Ponsel dengan kualitas yang mumpuni sudah pasti memiliki harga yang juga tinggi. Sesuaikan keuangan Anda dengan ponsel yang tepat. Jika mencukupi, Anda dapat membeli ponsel premium seperti seri Galaxy S atau iPhone. Namun bukan berarti ponsel yang mahal itu juga sesuai dengan kebutuhan. Saat ini sudah banyak pilihan ponsel harga menengah dengan spesifikasi yang baik.  (C-003/lav)***