Tips Menabung dengan Mudah

13

HAL tersulit dari menabung adalah niat untuk memulainya. Namun tetap saja, menabung sudah menjadi keharusan yang sebaiknya dilakukan bila ingin aman dari sisi keuangan.

Melansir dari laman better money habits, Sabtu (22/2/2020), berikut panduan atau langkah untuk menghemat uang. Panduan ini berisi  tentang strategi yang sederhana dan realistis sehingga Anda dapat menabung baik jangka pendek dan jangka panjang.

  1. Catat pemasukan dan pengeluaran

Langkah awal untuk mulai menabung adalah mencari tau beberapa banyak yang kamu belanjakan. Pantau semua pengeluaran.

Catatlah dengan rapi. Gunakan laporan bank untuk memastikan data yang kamu miliki akurat. Memiliki aplikasi catatan keuangan akan lebih membantumu untk melakukan kegiatan ini.

  1. Anggaran untuk disimpan

Setelah kamu mencacat tentang apa yang sudah kamu belanjakan sebulan, kamu dapat mulai mengatur pengeluaran yang tercatat ke dalam anggaran yang bisa diterapkan.

Anggaran harus menjelaskan bagaimana pengeluaran harus sesuai dengan penghasilan agar dapat merencanakan pengeluaran dan membatasi pengeluaran yang berlebihan. Pastikan untuk menghitung pengeluaran secara rutin.

  1. Cari cara untuk memangkas pengeluaran

Jika pengeluaran Anda sangat tinggi sampai tidak bisa menabung, mungkin saatnya untuk menguranginya. Identifikasi hal-hal yang tidak penting, seperti hiburan dan makan mewah. Jangan mudah tergoda pula untuk membeli barang-barang yang tidak terlalu jadi kebutuhan.

  1. Tetapkan tujuan menabung

Salah satu cara terbaik untuk menghemat uang adalah dengan menetapkan tujuan. Mulailah dengan memikirkan apa yang mungkin ingin ditabung untuk rencana masa depan. Misalnya menikah, liburan, kuliah, atau pensiun.

Cari tahu juga berapa banyak uang yang harus kamu kumpulkan agar memiliki target dan tahu berapa lama harus menabung.

Jika menabung untuk Pendidikan anak, pertimbangkanlah untuk memasukkan uang tersebut dalam investasi.

  1. Tentukan prioritas

Setelah pengeluaran dan penghasilan, sasaran cenderung memiliki dampak besar terhadap bagaimana mengalokasikan tabungan.

Pastikan untuk mengingat tujuan jangka panjang dan yang terpenting adalah perencanaan pensiun tidak mundur dari kebutuhan jangka pendek.

  1. Pilih alat yang tepat

Jika menabung untuk tujuan jangka pendek, pertimbangkanlah untuk menggunakan akun deposito yang diasuransikan. Tidak harus memiliki satu akun tabungan.

Perhatikan dengan cermat opsi dan pertimbangan seperti saldo minimum, biaya, dan suku bunga sehingga kamu dapat memilih tabunganmu dengan tepat.

  1. Penghematan otomatis

Hampir semua bank menawarkan transfer otomatis antara rekening giro dan tabungan. Anda dapat memilih kapan, berapa banyak dan dimana untuk mentransfer uang atau bahkan membagi setoran langsung sehingga sebagian dari setiap gaji masuk langsung ke rekening tabungan yang kamu tentukan.

Membagi setoran langsung dan menyiapkan transfer otomatis adalah cara sederhana untuk menghemat uang karena tidak perlu memikirkannya, dan itu biasanya mengurangi godaan untuk membelanjakan uang sebagai gantinya.

  1. Perhatikan bagaimana tabungan tumbuh

Tinjau anggaran dan periksalah tiap bulannya. Ini tidak hanya akan membantumu tetap pada rencana tabungan pribadi, tetapi juga dapat membantu mengidentifikasi dan memperbaiki masalah dengan cepat.

Memahami cara menghemat uang bahkan dapat menginspirasi untuk menemukan lebih banyak cara untuk menyimpan dan mencapai tujuanmu lebih cepat. (C-003/HY)***