Tips Promosi Produk di Masa Pandemi

160

MEMPROMOSIKAN sebuah produk atau jasa merupakan salah satu kegiatan yang sangat penting untuk dilakukan setiap pelaku bisnis. Hal ini dikarenakan tanda adanya promosi, usaha yang dijalankan pasti akan sulit dikenal oleh konsumen. Bukan hanya itu, promosi usaha pun sangat berguna sebagai sarana mengenal konsumen sehingga dampak yang diperoleh bisa menjadi lebih panjang. Adapun pada saat masa pandemi seperti sekarang, pemilik usaha kecil menengah sampai yang besar harus pintar-pintar memilih cara promosi apa yang memang sesuai dengan citra dan target perusahaan mendapat hasil optimal. Nah untuk Anda yang masih bingung, berikut kami hadirkan 12 cara melakukan promosi produk yang tepat di masa pandemi.

  1. Memberikan diskon

Harga masih menjadi faktor utama bagi konsumen ketika melakukan transaksi pembelian. Oleh karena itu, promo potongan harga selalu ditunggu. Di dalam negeri, terdapat sejumlah event yang khusus menghadirkan promo potongan harga untuk pembelian produk. Salah satu yang terkenal adalah promo Ramadhan. Di Indonesia, momen promo ini biasanya diselenggarakan secara massal pada bulan Puasa. Jika Anda memiliki toko online sendiri, tentu Anda bisa menyelenggarakan promo potongan harga atau diskon ini kapan saja. Dan tentunya, potongan harga bisa digunakan untuk hampir semua jenis bisnis online.

  1. Menawarkan cashback

Cashback adalah pengembalian sejumlah uang setelah konsumen melakukan pembelian. Cashback berlaku jika pembelian yang dilakukan mengikuti syarat yang ditentukan oleh penjual. Biasanya berupa pembelian sejumlah nominal tertentu. Walaupun ada syarat yang diberlakukan, cashback tetap merupakan promo yang menarik bagi konsumen. Anda bisa mengunjungi beberapa marketplace besar dan akan menjumpai cashback di berbagai event promo mereka. Perlu diingat bahwa cashback bukan hanya milik marketplace saja. Pemilik toko online pun bisa menerapkan promo ini untuk menjual berbagai barang, mulai produk elektronik hingga fashion.

  1. Menggunakan media sosial

Media sosial menjadi salah satu media paling efektif untuk menjembatani kedua promosi di atas karena hampir semua orang menggunakan akun media sosial di kehidupan sehari-hari. Unggahan Anda tentang produk dan promosi di media sosial dapat diakses oleh ribuan orang, baik lokal hingga internasional. Jangkauan yang luas ini bisa dilakukan dengan biaya yang tidak terlalu tinggi karna pemakaian media sosial memang tidak dipungut biaya. Selain itu, promosi di media sosial tidak hanya tentang menjual, tetapi juga dapat membantu branding dan membangun komunikasi dua arah dengan pelanggan di media sosial.

  1. Membuat vlog

Di era digital seperti saat ini, visual atau gambar berbicara seperti Vlog ternyata memiliki masa yang sangat besar. Hal ini bisa dibuktikan dengan banyaknya penikmat medium ini beberapa media sosial. Oleh karena itu, membuat iklan produk dalam tampilan visual adalah strategi baru yang perlu Anda siapkan dalam media promosi bisnis. Video juga dapat menampilkan produk yang sedang ditawarkan kepada konsumen ataupun berupa tutorial yang secara tidak langsung tetap terkait dengan penawaran produk. Dengan begitu, konsumen dapat melihat produk secara lebih detail dari berbagai sisi.

  1. Memanfaatkan momentum

Manfaatkan momen-momen seperti perayaan hari raya Idul Fitri, pengumpulan amal, dan lain sebagainya juga merupakan salah satu bentuk promosi yang bisa dilakukan. Untuk memulainya, Anda bisa membentuk konsep produk Anda sesuai dengan momen yang sedang dirayakan. Pada hari-hari besar seperti ini, orang-orang biasanya mencari barang yang akan menggambarkan momen yang mereka rayakan. Mereka bisa saja berbelanja dengan jumlah yang sangat banyak, jadi tidak terlalu merugikan jika Anda memberikan harga yang lebih miring.

  1. Menjadi sponsor

Saat ini banyak sekali acara-acara yang diadakan oleh berbagai pihak baik secara digital melalui media sosial. Biasanya, penyelenggara membutuhkan sponsor untuk mendukung acara tersebut. Anda dapat memanfaatkan acara ini sebagai wadah promosi dengan berpartisipasi menjadi sponsor. Dengan menjadi sponsor, Anda dapat membuat brand Anda lebih dikenal dengan memberikan produk sebagai doorprize atau memasang booth pada event tersebut. Keuntungan lainnya adalah pembawa acara biasanya akan membacakan nama-nama sponsor bahkan hingga berulang kali.

  1. Membuka kesempatan menjadi reseller dan dropshipper

Para reseller dan dropshipper dapat menjadi pihak-pihak yang ampuh dalam mempromosikan usaha Anda. Keduanya akan menjadi perpanjangan tangan yang membuat produk atau jasa Anda terjual lebih cepat. Dengan adanya reseller dan dropshipper, Anda pun dapat mempromosikan dan menjual produk bahkan ke daerah yang belum pernah dijangkau sebelumnya. Namun untuk reseller dan dropshipper akan ada harga khusus yang tentunya lebih rendah.

  1. Membuat giveaway

Hampir semua orang menyukai hadiah. Oleh sebab itu, Anda bisa memanfaatkan hadiah sebagai sarana untuk menarik konsumen. Agar lebih efektif untuk promosi, sebaiknya tidak memberikan hadiah secara cuma-cuma. Anda bisa memberikannya melalui sebuah program atau kontes, seperti membuat followers Anda menjawab pertanyaan, mengikuti kontes, mempromosikan ulang usaha Anda, membagikan posting-an Anda di media sosial dan lain sebagainya. Cara ini tidak hanya menarik konsumen tetapi dapat juga menaikkan engagement usaha Anda.

  1. Memanfaatkan iklan mobil

Saat ini semua media dapat dimanfaatkan untuk melakukan kegiatan promosi atau marketing. Salah satu media yang bisa digunakan adalah iklan Mobil atau Car Advertising. Dengan memanfaatkan media ini, Anda dapat memasarkan produk yang Anda jual secara lebih luas dan konvensional. Iklan mobil ini cocok digunakan ketika target pembeli Anda adalah masyarakat Jakarta atau yang sedang bekerja di Jakarta. Tapi perlu diperhatikan ya, jenis produk yang Anda tawarkan pada saat memanfaatkan iklan mobil ini.

  1. Memanfaatkan konsumen yang sudah ada

Jika saat ini Anda sudah memiliki beberapa kostumer yang loyal, Anda bisa membuat mereka mempromosikan produk Anda. Minta mereka untuk memberikan review yang positif tentang bagaimana pengalaman mereka dalam memakai produk Anda. Minta mereka untuk menuliskannya di media sosial ataupun blog serta situs yang Anda kelola. Testimoni dari mereka bisa menjadi acuan bagi calon pembeli baru yang mungkin ingin tahu lebih lanjut mengenai produk Andasebelum kembali setelah pandemi ini berakhir.

11.Memberikan pengetahuan

Saat ini banyak sekali akun-akun media sosial sebuah brand yang justru lebih banyak berbagi pegetahuan dan menjadi wadah sharing mengenai berbagai masalah dibanding melakukan promo. Anda mungkin merasa ini buang-buang waktu, namun ternyata ini menjadi sebuah cara yang efektif. Dengan berbagi kepada mereka akan merasa lebih dekat dengan brand Anda dan itu berlangsung jangka panjang. Kedekatan ini yang membuat apapun bahasa promo Anda akan lebih mudah diterima.

  1. Strategi Word of Mouth

Promosi paling efektif dan bisa dilakukan saat ini yang dapat dilakukan adalah pemasaran dari mulut ke mulut. Dengan memberikan informasi berlebih kepada konsumen, maka konsumen tersebut akan memberikan informasi kepada orang lain lagi. Dengan begitu, informasi mengenai usaha Anda akan tersebar di pasaran dan lingkungan sekitar Anda. Selamat mencoba ya! (C-003/Bbs)