Trafik WhatsApp Naik 40% di Tengah Pandemi COVID-19

7

WHATSAPP menjadi salah satu aplikasi yang penggunaannya naik ditengah pandemi virus corona (COVID-19). Hal tersebut diketahui dari survei yang diikuti lebih dari 25.000 konsumen di 30 pasar yang dilakukan pada tanggal 14 Maret sampai 24 Maret 2020.

Dilansir dari laman Tech Crunch, Minggu (29/3/2020 WhatsApp mengalami peningkatan trafik penggunaan hingga 40 persen secara keseluruhan. Bahkan pada beberapa negara, lonjakan trafik WhatsApp lebih besar, misalnya di Spanyol naik hingga 76 persen.

Aplikasi media sosial lainnya yang ikut naik penggunanya selama pandemi COVID-19 meliputi Facebook, WeChat, dan Weibo China.

Sementara itu, Facebook mencatat bahwa total pesan pada platformnya naik lebih dari 50 persen selama Februari 2020. Kenaikan ini termasuk untuk Facebook Messenger, Instagram, dan Whatsapp.

Facebook juga mengungkapkan akan mengurangi kualitas video di Facebook untuk tetap menjaga bandwith aman karena penggunaannya yang semakin tinggi. Sebelumnya, Facebook dapat tetap stabil selama acara besar, seperti malam tahun baru atau Olimpiade.(C-003/amr)***