Umroh Ditutup, Pengusaha Travel Umroh Kebingungan

4

Dihentikannya visa kunjungan termasuk Umroh oleh kerajaan arab saudi membuat pengusaha travel dan jemaah umroh kebingungan. Sejumlah jadwal pemberangkatan umroh pun terpaksa harus ditunda, lantaran kerajaan arab saudi membatasi kunjungan ke negaranya, akibat kasus penyebaran virus corona.

Pasca dihentikannya visa kunjungan termasuk umroh oleh kerajaan Arab Saudi sejak akhir bulan februari kemarin membuat pengusaha travel dan jemaah Umroh kebingungan. Pasalnya, sejumlah jadwal keberangkatan ibadah umroh yang sudah disusun hingga pertengahan tahun 2020 harus ditunda, dan hingga kini belum ada kepastian kapan visa kunjungan umroh akan di buka kembali oleh kerajaan Arab Saudi.

Para pengusaha umroh pun berharap pemerintah dapat segera turun tangan dan meminta kepastian kepada kerajaan Arab Saudi, sehingga masyarakat yang hendak jemaah Umroh memiliki kepastian akan keberangkatan ibadahnya yang terpaksa tertunda.

Sementara itu, pihak Kementrian Agama Provinsi Jawa Barat menghimbau kepada seluruh jasa travel Umroh dan masyarakat agar tidak panik, dengan pemberhentian sementara visa umroh oleh Arab Saudi. Pemerintah pun hingga kini masih terus melakukan komunikasi dengan sejumlah pihak terkait waktu pembatasan pemberhentian visa umroh.

Seperti diketahui, sejak akhir bulan Februari 2020, kerajaan Arab Saudi memberlakukan pembatasan kunjungan internasional, termasuk kunjungan ibadah Umroh bagi sejumlah negara, termasuk Indonesia. Pembatasan tersebut dikarenakan terus merebaknya penyebaran virus corona yang hingga kini sudah masuk ke indonesia.

Yuwana Kurniawan, Bandung Tv.