Unik, Nasi Goreng dan Bubur Terbuat Dari Singkong

275

Singkong tak hanya bisa dijadikan sebagai cemilan keripik. di kota Cimahi, beras singkong alias rasi dibuat sebagai nasi goreng dan bubur yang enak dan kaya akan gizi. Hal itu dilakukan asosiasi chef kota Cimahi, yang membuat 7 ribu 2 ratus porsi olahan singkong, hingga masuk dalam Rekor Original Indonesia, dalam rangka hari sumpah pemuda.

Dalam rangka memperingati hari sumpah pemuda, seratus lima puluh chef di kota Cimahi membuat rasi goreng berbahan dasar singkong, inggu siang. Dalam pembuatan rasi goreng yang dibagikan kepada 7 ribu 2 ratus warga Cimahi ini, disediakan 4 koma 7 ton singkong sebagai bahan dasar. Dengan menggunakan 8 wajan pengorengan besar, rasi goreng singkong dibuat dalam kurun waktu 1 jam 15 menit.

Selain rasi goreng, chef Cimahi yang mayoritas pemuda ini, membuat bubur merah putih berbahan dasar singkong. Uniknya, pembuatan bubur dibantu raja huristak Tondi Hasibuan, dari padang lawas sumatera utara. tanpa rasa malu, raja generasi ke-12 ini lihai membuat bubur merah putih dengan ukuran dua meter.

Setelah proses memasak selesai, ratusan warga yang sudah menahan lapar langsung menyerbu rasi goreng dan bubur merah putih singkong, yang dibagikan secara cuma-cuma.

Kegiatan unik ini tercatat dalam buku Original Rekor Indonesia atau ORI. Selain dalam rangka memperingati hari sumpah pemuda, diharapkan dengan kegiatan ini singkong bisa menjadi bahan alternatif penganti beras, yang tengah melonjak harganya.

Algi Muhammad Gifari, BandungTV.