Untuk Menahan Laju Berkembangnya  Pandemi Covid19 Kota Bandung Pikir-pikir Terapkan PSBB

48

BISNIS BANDUNG – Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) kini kian hangat di perbincangkan  setelah DKI Jakarta mulai tanggal 14/9/20 menterapkannya kembali pada masa awal berjangkitnya Covid 19, saat ini di Jakarta paparan Covid 19 tak terbendung terus meningkat jumlahnya. Kota Bandung juga digadang-gadang atau sedang pikir-pikir akan menerapkan kembali mengenai pemberlakukan PSBB di Kota Bandung untuk menahan laju penularan Covid19

Walikota Bandung Oded M Danial  mengaku , masih akan mengkaji terlebih dulu tentang penerapan PSBB di Kota Bandung. Menurutnya, Pemerintah Kota Bandung (Pemkot) Bandung masih mengkaji hasil evauluasi dari tim harian yang bertugas. “Saya sampaikan dari kemarin, hari ini saya masih dalam evaluasi dengan ketua harian atau Pak Sekda, masih evaluasi. Dalam waktu cepat (disampaikan) besok ratas,” kata Oded di Balai Kota Bandung, Kamis 10 September 2020.

Dikemukakan Oded , hasil evaluisi Pemkot Kota Bandung akan disampaikan kepada masyarakat.Selain itu Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Bandung Ema Sumarnya , juga ingin mengkaji dulu dan menunggu keputusan apakah Kota Bandung akan PSBB atau Adaptasi Kebiasaan Baru (AKB) diperketat.

“Pasti dibahas di ratas. Cuma nantinya apa PSBB atau AKB yang diperketat nanti,”ujar Oded menegaskan. Oded memastikan akan segera mengkaji terkait pilihan-pilihan yang dapat direalisasikan apakah PSBB atau persentase relaksasi yang diturunkan

Sementara menurut Ema, jika PSBB kembali diterapkan harus melalui serangkaian perizinan. Kemungkinan Kota Bandung akan melakukan adaptasi kebiasaan baru (AKB). Dilaporkan Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kota Bandung di laman Pusicov, dari total 861 kasus positif, 101 (11,73%) di antaranya berstatus positif aktif, 709 (82,35%) pasien dinyatakan sembuh, sementara 51 (5,92%) meninggal.

Total pasien dalam pengawasan (PDP) berjumlah 1.585. Dari angka tersebut, 91 (5,74%) di antaranya masih dalam pengawasan, sedangkan 1.494 (94,26%) lainnya telah selesai pengawasan.

Selain itu, gugus tugas juga menyampaikan jumlah orang dalam pemantauan (ODP) di Kota Bandung. Hingga Selasa 8 September, total ODP mencapai 5.521.

Dari angka tersebut, 36 (0,65%) dalam proses pemantauan, sementara 5.485 (99,35%) lainnya selasai pemantauan.

Meningkatnya angka kasus Corona dalam beberapa waktu belakangan ini, membuat Pemerintah Kota (Pemkot) Bandung akan segera mengkaji kembali kemungkinan memberlakukan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) di masa Adaptasi Kebiasaan Baru (AKB).

 Melihat laju paparan Covid19 di Kota Bandung banyak warga kota berharap dan mendukung langkah Pemkot Bandung dibantu TNI , Polri dan Satpol PP  melakukan terus razia penggunaan masker dan menindak tegas warga yang tak menggunakannya. Sejauh ini masih terlihat ada warga yang mengabaikan penggunaan masker di ruang publik , seperti di pasar dalam kendaraan atau pusat perbelanjaan. (B-003) ***