Untuk Mendorong Pembangunan Perekonomian Daerah Bupati Sumedang Ingin BUMD Sumedang Lebih Baik

8

BISNIS BANDUNG – BUMD (Badan Usaha Milik Daerah) merupakan badan usaha yang sebagian besar modalnya dimiliki oleh daerah (Pemkab/Pemkot)  untuki pengembangan perekonomian daerah. Dalam upaya peningkatan peran BUMD dalam pembangunan perekonomian daerah. Terkait hal itu Pemerintah Daerah Kabupaten Sumedang  melaksanakan kegiatan Pembinaan BUMD di Aula Tampomas Setda, IPP Sumedang.

Kabag Ekonomi Setda Kabupaten Sumedang Maman Nurachman menyebutkan, pembinaan BUMD dilakukan untuk meningkatkan sinergitas BUMD Kabupaten Sumedang untuk mendorong pembangunan perekonomian daerah.

“Tujuan dari pembinaan agar tecipta BUMD yang berkinerja baik. Pembinaan diikuti oleh 40 orang yang mencakup  jajaran direksi dan unsur pimpinan empat BUMD yakni PT Kampung Makmur, Perumda Tirta Medal, Perumda BPR Bank Sumedang, dan PT LKM,” tutur Maman, Selasa (22/12/2020).

Sementara itu, Bupati H. Dony Ahmad Munir saat membuka kegiatan ini mengatakan, pembinaan BUMD merupakan program pemerintah yang memiliki arti penting dalam upaya memberikan manfaat bagi perkembangan perekonomian daerah.

“BUMD sebagai badan usaha yang sebagian besar modalnya dimiliki oleh Pemerintah Daerah bertujuan memberikan manfaat bagi perkembangan perekonomian daerah, sekaligus menyelenggarakan pemanfaatan potensi daerah,” imbuhnya.

Bupati mengapresiasi kepada 4 BUMD yang telah berkerja keras dan berkontribusi demi kemajuan Kabupaten Sumedang.

“Saya ucapkan terima kasih kepada Perumda BPR Bank Sumedang, Perumda PDAM Tirta Medal Kabupaten Sumedang, PT. Lembaga Keuangan Mikro Sumedang dan PT Kampung Makmur yang telah berkontribusi untuk kemajuan perekonomian Sumedang,” tutur Bupati.

Bupati berharap peningkatan kapasitas BUMD di Kabupaten Sumedang, agar  lebih baik lagi dengan  memanfaatkan digitalisasi.

“Tingkatkan kapasitas kita agar terus berkembang. Siapkan kompetensi  dengan profesional untuk meningkatkan kesejahteraan rakyat,” ungkapnya.

Bupati menyebut, sedikitnya ada tiga indikator yang harus disiapkan oleh BUMD ke depan agar lebih baik. Pertama jajaran BUMD harus memiliki pengetahuan yang luas, kedua pengalaman yang banyak dan ketiga memiliki sikap dan mental yang baik sehingga diharapkan BUMD Kabupaten Sumedang  bisa menjadi BUMD terbaik dan bisa bersaing dengan BUMD yang lain.(E-010) ***

Baca Juga :   Pemerintah Perlu Terapkan PSBB di Seluruh Indonesia