Usai Melonjak Tajam Harga Emas Fluktuasi

11

BISNIS BANDUNG– Harga emas berfluktuasi pada perdagangan hari ini, Rabu (10/3/2021) setelah melonjak tajam pada perdagangan sebelumnya.

Berdasarkan data Bloomberg, harga emas berjangka untuk kontrak April 2021 di bursa Comex New York melemah 1,3 poin atau 0,08 persen ke level US$1.715,60 per troy ounce pada pukul 08.17 WIB.

Sementara itu, harga emas di pasar spot terpantau menguat 0,03 persen atau 0,44 poin ke level US$1.716,94.

Pada perdagangan Selasa (9/3), emas Comex melonjak US$38,9 atau 2,32 persen dan ditutup pada US$1.716,90 per troy ounce.

“Saya tidak tahu apakah ini adalah akhir dari tren kenaikan imbal hasil, apakah ini adalah permulaan. Para pedagang emas dan perak telah menunggu ini dan kembali ke pasar,” kata ahli strategi pasar senior RJO Futures Bob Haberkorn kepada pers.

Imbal hasil obligasi pemerintah AS bertenor 10 tahun yang dijadikan sebagai acuan turun dari level tertinggi satu tahun terakhir minggu lalu, sementara dolar juga jatuh.

Sementara emas dianggap sebagai lindung nilai terhadap potensi lonjakan inflasi dari langkah-langkah stimulus ekonomi besar-besaran, kenaikan imbal hasil obligasi telah menantang status itu.

Sementara itu, analis senior FXTM Lukman Otunuga mengatakan harga emas dapat melanjutkan kenaikan dalam waktu dekat.

“Tetapi pada dasarnya, pendulum berayun mendukung bearish terutama ketika mempertimbangkan bagaimana sentimen global membaik pada peluncuran vaksin dan kasus Covid-19 turun secara global”, kata Lukman.(B-002)***