Warga Korban Banjir Dipengungsian Akan Ditest Kesehatan

2

Pemerintah provinsi jawa barat,akan melakukan rapid test bagi warga korban banjir,yang kini menempati beberapa posko pengungsian di wilayah kecamatan baleendah,kabupaten bandung,jawa barat.nantinya,sebanyak 500 warga yang telah diseleksi akan dilakukan test oleh petugas puskesmas,secara bertahap di tempat yang berbeda.

Selain melakukan pengawasan ketat dengan menerapkan penyekatan tempat tidur bagi warga korban banjir, kini pemerintah provinsi jawa barat,melalui petugas puskesmas setempat,akan melalakukan rapid test kepada warga korban banjir yang kini menempati beberapa titik posko pengungsian di kecamatan baleendah, kabupaten bandung.

Langkah tersebut dilakukan pemerintah,dalam upaya mencegah adanya penyebaran covid-19 di lokasi banjir,ataupun di tempat posko pengungsian yang diisi oleh banyak warga,sehingga dapat secara cepat terjadi penyebaran virus jika ada yang mengalami gejala covid-19.

Pemerintah provinsi jawa barat,akan menyediakan sebanyak 500 alat rapid test,yang nanti akan di distribusi kan melalui petugas puskesmas.

Warga yang akan ditest oleh petugas kesehatan yaitu,warga yang sudah mengalami beberapa gejala covid-19,juga warga yang sedang dalam pengawasan kesehatan nya oleh petugas puskesmas.

Warga korban banjir – hani mengaku senang,dengan adanya rencana pemeriksaan rapid test,dirinya khawatir jika tinggal di pengungsian,selain terancam corona penyakit lain seperti gangguan kulit serta ispa dapat mengancam seluruh pengungsi korban banjir.

Warga dihimbau untuk tetap waspada terhadap penyebaran covid-19,dengan menerapkan social distancing atau menjaga jarak aman minimal satu dua meter.selain itu,warga juga dihimbau untuk menggunakan masker,saat akan melakukan aktivitas di tempat lokasi banjir.

Rezytia Prasaza, Bandungtv.